Irigasi Surut, Ramai-ramai Tangkap Ikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Irigasi Surut, Ramai-ramai Tangkap Ikan

Irigasi Surut, Ramai-ramai Tangkap Ikan

Written By ayah satria on Jumat, 27 Januari 2017 | 17.14.00

KARAWANG, RAKA - Surutnya air irigasi banyak dimanfaatkan warga Dusun Sambijajar, Kelurahan Mekarjati, untuk menangkap ikan. Bukan hanya orang dewasa, banyak juga anak kecil yang disibukan dengan ember penampung ikan yang sengaja dibekali oleh orangtuanya. Pasalnya, mereka rela bermandikan lumpur demi mendapat ikan.
Warga Dusun Sambijaya, Jasim mengatakan, sudah 2 hari terakhir surutnya air irigasi ini banyak dimanfaatkan warga untuk menangkap ikan. Tidak jarang, warga yang turun ke irigasi mendapat ikan besar, mengingat daerahnya ini banyak digunakan warga untuk membudidayakan ikan lele. "Kemarin banyak ikan lele dan mujair yang tertangkap warga, pantas juga sih, soalnya disini banyak warga yang budidaya ikan lele. Mungkin ada yang tidak sengaja kabur ke aliran irigasi ini," katanya, kepada Radar Karawang, Kamis (26/1) kemarin.
Bukan hal yang aneh kalau irigasi ini banyak dihuni oleh ikan jenis lele dan mujair, sambung dia, kendatipun tidak semua, namun mayoritas warga setempat berpenghasilan dengan cara budidaya ikan lele. "Gak aneh sih kalau banyak orang yang mendapatkan ikan-ikan besar, soalnya banyak yang membudidayakan ikan lele. Ada yang langsung empang, ada juga dengan media terpal pada umumnya," ujar Jasim.
Salah seorang anak-anak yang juga ikut menangkap ikan, Putri menambahkan, dengan pengawasan dari orangtuanya langsung, banyak anak-anak yang memanfaatkan waktu luangnya dengan turun langsung ke irigasi, kendatipun harus kotor dengan lumpur yang hampir membenamkan lututnya, ia mengaku senang dan beraharap bisa mendapatkan ikan besar. "Banyak ikan lelenya, aku pengen dapetin ikan yang gede," ungkapnya.
Hal senada dikatakan Warno, warga Kelurahan Mekarjati, aliran air irigasi ini memang dinilai jarang sekali surut. Namun sekalinya surut banyak ikan yang terperangkap. "Kebiasaan warga disini kalau surut ya kaya gini, menagkapnya dengan cara nawu," pungkasnya. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template