Fasilitas Puskesmas Poned Belum Seragam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Fasilitas Puskesmas Poned Belum Seragam

Fasilitas Puskesmas Poned Belum Seragam

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Januari 2017 | 13.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Memiliki fasilitas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (Poned) sebagai tempat persalinan Puskesmas dan kegawatdaruratan, belum sepenunya sempurna untuk pelayanan kepada masyarakat.
Ada puskesmas memiliki Poned yang memadai, namun belum memiliki USG, ada pula yang sudah memiliki fasilitas USG, namun belum ada dokter umumnya. Ini pula yang dialami Puskesmas Lemahabang dan UPTD Puskesmas Telagasari.
Kasubag TU UPTD Puskesmas Lemahabang H Anwar Sanusi mengatakan, sebenarnya fasilitas Poned sudah lengkap, termasuk keberadaan USG. Sempat beroperasi beberapa tahun, pelayanan USG selama 2 tahun terakhir diakuinya terhenti. Pasalnya sebut Anwar, fasilitas yang ada namun tidak ditunjang dengan keberadaan dokternya, sebab pengoperasian USG ini harus di bawah kendali dokter umum ahli yang sudah dilatih khusus dan bersertifikat, tidak bisa sambungnya dikendalikan oleh Bidan Koordinator (Bidkor) Puskesmas sekalipun. Di Puskesmas, layanan USG ini hanya bayar Rp 50 ribu saja, sementara di Swasta bisa mencapai Rp 150 ribuan. "USG di kita ada, cuma belum ada dokternya selama 2 tahun ini," ungkapnya.
Sementara Kepala Puskesmas Telagasari Asep Saepul Bahri SKM mengatakan, fasilitas Poned untuk persalinan dan layanan ibu hamil sebenarnya sudah ada di puskesmas yang dipimpinnya. Sayangnya, diakui Asep, sejauh ini belum ada fasilitas USG. Dibilang sudah lama belum memiliki USG ditengah Poned yang sudah ada, juga tidak bisa ditampikya, pihaknya hanya berharap agar fasilitas USG ini segera ada di Puskesmas Telagasari, namun Dinas Kesehatan kemungkinan belum mengalokasikannya. Padahal status puskesmasnya sudah Poned. "Belum ada USG, kita juga sudah ingin segera ada fasilitas USG, tapi dinkes belum mengalokasikan juga, padahal sudah ada poned," ujarnya.
Berbeda dengan Telagasari dan Lemahabang, Puskesmas Pasirukem dan Tempuran sudah memiliki USG berikut dokter umumnya. Dikatakan Kepala Puskesmas Pasirukem Dedi Sugandhi SKM, di tempatnya sudah tersedia USG setahun terakhir berikut dokter umumnya, karena dokter USG ini harus khusus yang sudah dilatih dan yang bersertifikat.
Bagi masyarakat yang ingin layanan USG, dikenakan tarif Rp 50 ribu sesuai dengan Perda dan uangnya harus di setor ke kas daerah. "Kita ada USG dan dokter umumnya, Alhamdulillah setahun terakhir ini," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template