Diserang Wereng, Petani Bingung Beli Obat Hama - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diserang Wereng, Petani Bingung Beli Obat Hama

Diserang Wereng, Petani Bingung Beli Obat Hama

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Januari 2017 | 12.30.00

KOTABARU, RAKA - Harga obat pembasmi hama kian mahal, kondisi itu diperparah dengan serangan hama yang semakin mengkhawatirkan. Akibatnya, para petani di Desa Pucung kebingungan menutupi biaya produksi.
Penyuluh pertanian, Yuyun Rosyanti (54) mengatakan, belum lama ini sawah diancam hama wereng batang cokelat. Hal itu membuat Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K), mengambil tindangan dengan melakukan penyemprotan hama, bekerjasama dengan Dinas Pertanian yang memberikan obat pemberantas wereng.  "Kegiatan penyemprotan massal dilakukan di sawah daerah Desa Pucung, 29 Desember 2016, atas laporan petani. Sehingga kami menindaklanjuti ancaman tersebut," ucapnya.
Ia berharap, kelompok tani bisa lebih  kompak menyelamatkan hasil pertanian yang luasnya tinggal 1.307 hektare, dan selalu berkoordinasi akan permasalahan yang terjadi di lapangan kepada petugas, agar tidak kecolongan. "Harapan saya produksi lebih meningkat, kalau tidak, ya setidaknya masyarakat bisa menjaga hasil pertaniannya," ucapnya.
Petani, Sari (48) mengatakan, hasil pertanian di tahun ini kian memburuk, akibat serangan hama semakin meningkat. Hampir rata-rata para petani kebingungan, karena biaya pertanian kian meningkat. "Biasanya dalam membasmi hama paling banyak 3 sampai 4 botol, namun di tahun ini 6 botol saja tidak cukup," ucapnya.
Ia berharap, pemerintah bisa melihat keluhan petani. Karena dari tahun ke tahun kondisi pertanian kian memburuk. "Semoga pemerintah bisa membantu para petani, harga obat naik sekarang sampai Rp 112.000 sekarang, namanya Obat ares," ucapnya. (mg2)  

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template