Diawasi Ketat, Tahun Berganti Tanpa Petasan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diawasi Ketat, Tahun Berganti Tanpa Petasan

Diawasi Ketat, Tahun Berganti Tanpa Petasan

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Januari 2017 | 15.30.00

PURWASARI, RAKA - Semarak malam tahu baru, rupanya menjadi hal yang wajar dan tradisi kebiasaan masyarakat sejak dulu yang sudah melekat hingga saat ini yakni memeriahkan malam pergantian tahun dengan mengunjungi ke berbagai lokasi keramaian.

Lalulalang kendaraan begitu padat hingga menyebabkan kemacetan disetiap ruas jalan diberbagai wilayahnya. Namun, tidak dengan jalur di wilayah Kecamatan Purwasari, kelancaran lalulintas serta ketertiban para pengendara saat merayakan malam tahun baru terbilang kondusif. Kondisi tersebut menjadikan pengamanan antisipasi gangguan kamtibmas diwilayah tersebut berjalan lancar dan aman. Tidak hanya itu, berbagai inisiatif pihak desa guna menghindari pawai digencarkan berbagai kegiatan di wilayahnya masing-masing.
"Sejauh ini, diruas jalan Purwasari - Tamelang masih aman. Kendaraan masih lancar untuk melintas ke jalur ini. Sementara pengamanan memang diprioritaskan di wilayah Tamelang untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan saat puncak perayaan malam tahun baru dilakukan," tutur Kapolsek Purwasari, Ipda Muchammad Sulton. SH, kepada Radar Karawang, menjelang pergantian tahun (31/12) kemarin, sekitar pukul 23.35 wib.
Kapolsek melanjutkan, dalam mengantisipasi gangguan binmas di wilayahnya saat perayaan malam tahun baru, operasi Rajia petasan merecon dilakukan. Hal tersebut meminimalisir jumlah korban kecelakaan akibat petasan yang dinilai berbahaya. "Untuk petasan kembang api, kami memang membiarkan. Cuman untuk petasan yang berpotensi berbahaya kepada keselamatan warga kami larang. Razia pun dilakukan,dengan meyisir kesetiap pedagang petasan diwilayah ini," katanya.
Bahkan, Operasi cipta kondisi Masyarakat (Cipkon) tidak hanya menyisir para pedagang petasan kembang api. Namun, puluhan kios pedagang jamu pun terjaring razia. Hal tersebut digencarkan, dikarenakan puncak malam tahun baru berbagai potensi kejahatan dapat terjadi. "Untuk operasi razia petasan hasilnya nihil. Tapi untuk miras berhasil diamankan 11 botol, yang saat ini kami sita di polsek purwasari," paparnya.
Disamping itu, sambung dia, perayaan malam tahun baru yang dilakukan warga diwilayah Desa Tamelang, sedikit berbeda yakni dengan mengadakan Festival Budak Tamelang Inovative dan Creative (BATIC) diwilayah itu. Hal tersebut merupakan upaya pihak desa dalam menghindari  pawai kendaraan saat malam tahun baru tersebut. "Sebanyak empat ratus orang di wilayah desa tamelang, hadiri kegiatan Festival Batic yang diadakan diwilayahnya. Hal ini untuk menghindari pawai arak-arakan motor, jadi dengan adanya kegiatan positif sangat membantu mengamankan wilayah ini jadinya," katanya.
Dia menegaskan, dengan adanya berbagai upaya dari pihak aparat desa serta warga. Hal ini mampu menjadikan wilayah Kecamatan Purwasari dapat aman dan kondusif dari gangguan binmas diwilayah ini. "Untuk perayaan tahun baru di wilayah kami aman. Karena setiap desa mengadakan kegiatan yang sangat positif dalam meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan diwilayah ini,saat malam tahun baru," ujarnya.
Hal serupa disampaikan Kades Tamelang, Mulyono, saat dihubungi Radar Karawang, kemarin (2/1). Menurutnya, kegiatan festival yang diadakan di wilayahnya merupakan upaya meminimalisir warganya melakukan pawai. Hal ini dikwatirkan, dapat memicu aksi tawuran dan kejahatan lainnya. Dengan adanya pagelaran seni sunda tersebut dapat menjadikan ratusan pemuda diwilayahnya dapat terkendali dengan di sajikan berbagai hiburan. "Agar warga diwilayah kami tidak arak-arakan pawai kendaraannya, maka kami selaku pihak desa berinisiatif mengadakan festival kebudayaan sunda sebagai hiburan warga. Ini sangat berdampak positif, karena masyarakat di wilayah kami jadi tetap terpantau," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template