Desa Sirnabaya Mengelola Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Sirnabaya Mengelola Sekolah

Desa Sirnabaya Mengelola Sekolah

Written By Mang Raka on Jumat, 13 Januari 2017 | 15.00.00

*Menggunakan Anggaran Dana Desa

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Satu lagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dibangun di Kecamatan Telukjambe Timur. Lokasinya di Desa Sirnabaya, persis di Dusun 3, Perumahan Mahkota Regency. Menariknya, pengelola lembaga pendidikan itu ternyata pemerintah desa setempat.

Sumber informasi yang dihimpun Radar Karawang, (12/1) lembaga pendidikan prasekolah itu dibangun menggunakan dana desa. Keberadaan PAUD ini diapresiasi masyarakat dan berharap dengan dengan pengelolaan terpadu antara desa dan masyarakat sekolah bisa terus teregulasi dengan baik. "Berlakunya Undang-Undang tentang Desa dan Anggaran Desa (Permendesa no. 5 tahun 2015), membuat paradigma baru, desa mempunyai kewenangan untuk menggunakan dana desa sesuai kebutuhan masyarakat desa," ungkap Kades Sirnabaya Ir. Masuran.
Mengacu kepada Permendesa No. 5 itu, lanjut kades, Pemerintah Desa Sirnabaya membuat prioritas penggunaan dana desa untuk pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, termasuk pembangunan bangunan sekolah.
"Pengelola desa harus mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program pembangunan pendidikan yang secara langsung dapat diakses oleh masyarakat sesuai kebutuhan yang dirasakan di masing-masing daerahnya. Maka diharapkan dengan dibangunnya sekoah yang diinisiasi Pemerintah Desa Sirnabaya, maka beberapa ekses warga untuk bisa menyekolahkan putra dan putrinya bisa di rasakan langsung," terangnya.
Masih dikatakan Kades Masuran, dengan dibangunnya sekolah tersebut maka pelaksanaan program pendidikan untuk semua diharapkan bahwa masyarakat di Desa mempunyai kesempatan yang lebih luas untuk mendapatkan pelayanan pembangunan pendidikan bagi peningkatan sumber daya manusia. "Dengan dukungan anggaran desa yang mampu dikelola oleh aparat dan masyarakat desa akan lebih mempercepat tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan," harapnya.
Sekretaris desa Sirnabaya, Deni Rukmana.SE, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan sejauh mana arah kebijakan dan pelaksanaannya telah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan akses mendapatkan pelayanan pendidikan. "Masyarakat punya hak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan secara merata, tidak menjadi dominasi masyarakat di perkotaan, rakyat yang punya biaya yang bisa sekolah, adanya disparitas gender, pendidikan bukan hanya dikhususkan bagi orang normal tetapi juga bagi orang yang punya kebutuhan khusus," tandasnya.
Sementara ulan (29) warga  Sirbanaya menyampaikan, dirinya mengapresiasi dengan apa yang dilakukan Pemerintah Desa Sirnabaya dengan membangun sekolah PAUD di lingkungannya. Dirinya mengakui dengan adanya sekolah kemudahan bagi warga pun akan mudah didapatkan. "Tadkala mesti menyekolahkan anak - anaknya maka kami tidak mesti jauh-jauh karena di desa juga sudah ada," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template