Data TPS Liar di Klari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Data TPS Liar di Klari

Data TPS Liar di Klari

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Januari 2017 | 14.00.00

KLARI,RAKA - Upaya Muspika Kecamatan Klari menekan jumlah Tempat Pembuangan sampah (TPS) liar yang ada diwilayahnya, rupanya dinilai gagal. Meski di akhir tahun 2016 lalu, tengah digencarkan berbagai program kerja bakti terus digulirkan diberbagai desa yang ada diwilayah kecamatannya. Namun hingga saat ini pemandangan tumpukan sampah liar masih bermunculan, seperti halnya tumpukan sampah sepanjang 50 meter lebih berada di wilayah Curug, Desa Cimahi misalnya.

Keberadaan tumpukan sampah yang sudah membentang sepelemparan batu dari perlintasan utama jalan raya Curug sudah ada sejak lama. Akan tetapi, kesadaran masayarakat terhadap kebersihan lingkungan masih dinilai rendah. "Sudah lama keberadaan tumpukan sampah yang ada disepanjang Jalan Raya Curug ada, bahkan hampir tertumpah ke badan jalan, kalau musim hujan tiba," ungkap Rasman (38) warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Klari, Kamis (19/1).
Tidak diketahui pasti keberadaan tempat Pembuangan Sampah Liar ini muncul. Karena kedatangannya ke wilayah ini, hanya sedang melakukan rutinitas memancing di rawa yang saat ini sudah dipenuhi sampah rumah tangga yang sengaja di buang oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab. "Saya lagi mancing saja, memang kalau lagi tidak ada kerjaan sering menghabiskan waktu memancing disini, cuman meski banyak ikannya, tapi keberadaan sampah itu sangat mengganggu pengendara yang sudah tercium busuk baunya," cetusnya.
 Ia melanjutkan, seharusnya masyarakat yang berada di wilayah ini dapat menjaga kebersihan lingkungan, Apalagi saat ini masih memasuki musim penghujan. Hal tersebut sangat berpotensi tinggi berbagai penyakit menyambangi tubuh masyarakat diwilayah ini. "Kalau didiamkan terus apalagi sampai banyak begini, bisa jadi sumber penyakit ini," katanya.
Saat diinformasikan, jumlah 10 penyakit besar masih tinggi diwilayah curug, dengan berdasarkan data dari Pihak Puskesmas Setempat. Menurutnya, pantas saja, berbagai penyakit masih terbilang tinggi di wilayah tersebut. Karena beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya penyakit tidak hanya oleh polusi udara yang diakibatkan banyaknya pabrik yang berdiri. Namun hal ini dapat disebabkan dengan keberadaan tempat Pembuangan Sampah liar yang sudah menjalar ke berbagai wilayah yang ada di wilayah ini. "Bisa jadi itu karena ada sampah yang membusuk juga, saya baru tahu kalau jumlah penyakit di wilayah ini tinggi oleh penyakit Ispa," tuturnya.
Disamping itu, secara terpisah Kepala Puskesmas Curug, Asep Gunawan menyampaikan, berbagai penyakit yang menyergap warga jenis penyakit Ispa masih berada diurutan teratas akibat pencemaran udara dilingkungannya. "Ispa di kami masih tinggi, bisa saja faktornya karena polusi udara dan bisa karena ada pencemaran lingkungan," pungkasnya.
Sebelumnya Camat Klari Mamat Rahmat menyampaikan, banyaknya tumpukan sampah diwilayahnya menjadikan warga diharapkan agar terus menggencarkan kerja bakti. Hal tersebut selain dapat menciptakan lingkungan yang bersih, kegiatan itu mampu menjadi upaya dalam meminimalisir berbagai penyakit saat musim penghujan. "Diharapkan seluruh warga bisa terus menjalankan kegiatan kerja bakti biar disetiap wilayah yang ada di kecamatan ini bisa bersih," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template