Cicilan KPR iB BTN Syariah Ringan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cicilan KPR iB BTN Syariah Ringan

Cicilan KPR iB BTN Syariah Ringan

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Januari 2017 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Perbankan syariah membidik pasar pembiayaan perumahan atau kredit pemilikan rumah (KPR) Syariah. Mereka mengklaim KPR Syariah lebih unggul dibandingkan KPR konvensional, terutama terkait cicilan tetap hingga akhir masa kontrak.
Branch Manager BTN Syariah Bekasi, Joni Wahyu Nugroho mengatakan, KPR iB BTN Syariah merupakan salah satu produk unggulan pembiayaan segmen konsumer. KPR iB BTN Syariah diklaimnya memiliki keunggulan dibandingkan bank konvensional.
Pertama, KPR iB BTN Syariah jelas tidak ada perubahan dalam pergerakan bunga maupun angsuran, atau sifatnya fixed karena transaksinya dengan jual beli. "Artinya, kami sudah membeli lunas rumah tersebut, dan nasabah atau debitur membayar angsuran dengan harga yang tetap meskipun bunga bank sedang naik atau turun," ujarnya kepada Radar Karawang pekan lalu.
Sedangkan bank konvensional, katanya, hanya memberikan pembiayaan KPR sebesar selisih harga jual dengan uang muka. Sehingga, angsuran yang dibayar nasabah bisa naik sewaktu-waktu, ketika terjadi atau naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate).
Kelebihan lain yang ditawarkan, yakni kalau nasabah melakukan transaksi akad jual beli rumah dengan BTN Syariah, maka bisa dipastikan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap. Itu karena sebelum terjadi jual beli rumah, dokumen terkait harus sudah dikuasai pihaknya. Berbeda halnya dengan bank konvensional yang masih menunggu proses mengurus penyelesaian dokumen KPR. Bahkan, ada juga yang masih mengurus proses di pengembang (developer). "Jadi, kalau nasabah menggunakan KPR BTN Syariah, ya tinggal menempati rumahnya karena yang menjual kan kami," katanya.
Selain itu, kelebihan ketiga yang ditawarkan KPR iB BTN, yakni adanya transaksi dan akadnya halal karena pihaknya sudah membeli rumah tersebut.(dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template