Bupati Dinilai Arogan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bupati Dinilai Arogan

Bupati Dinilai Arogan

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Januari 2017 | 12.00.00

CILAMAYA, RAKA - Pengukuhan SOTK dan Pejabat baru sudah dilakukan di akhir tahun 2016. Namun, beberapa kalangan pejabat balik menyindir sambutan Bupati Karawang dr Cellica Nurachdiana yang dianggap otoriter hari itu, karena dianggap seolah-olah semuanya menjadi kewenangan bupati, tanpa pertimbangan tim Baperjakat yang saat pengukuhan juga ikut hadir.
Salah seorang PNS yang meminta dirahasiakan namanya mengatakan, soal mutasi, rotasi dan promosi memang menjadi hak preogratif bupati, namun jangan dikesankan bahwa seolah-olah semuanya menjadi kewenangan bupati seperti saat sambutannya pada 31 Desember lalu. Pasalnya, dalam semua proses itu ada peran Baperjakat yang diisi 7 orang yang terdiri dari Sekda, Asda 1, Asda 2, Asda 3, Inspektorat, Bapeda dan BKD.
Bupati sebut sumber ini, seolah-olah menafikan peran tujuh orang ini yang padahal jauh lebih paham dan tahu lapangan sampai karakter PNS. Alangkah lebih baik sebutnya, saat sambutan, bupati lebih bijak mengatakan bahwa semuanya diproses tak lepas dari hasil pertimbangan Baperjakat, termasuk musyawarah bersama wakil bupati. "Ngomong begini juga kalau bupatinya anti kritik ya akan percuma, memang prerogratifnya, tapi ini kan soal etika saja," ujarnya.
Lebih jauh sumber ini mengatakan, bupati idealnya penegasan saja urusan pejabat dengan jabatan strategisnya, kalau urusan pejabat sekelas orang-orang kecamatan ada baiknya prosedural Baperjakat itu diutamakan. Karena Baperjakat yang tahu kinerja lapangan para PNS, sebab bupati dikhawatirkan lebih pada selera politis pilkada saja. "Kalau otoriter di jabatan strategis misalnya itu kita maklumi, tapi kalau sekelas pejabat kelas teri juga diotak-atik agak berlebihan menurut saya, karena harusnya percayakan ke Baperjakat, toh dipindah dibongkar juga gak ngaruh apa-apa ke bupati," ujarnya.
Sebelumnya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengukuhkan jabatan 1.096 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karawang.
Pejabat itu terdiri atas Eselon IIA sebanyak 1 orang, Eselon IIB 34 orang, Eselon IIIA 67 orang, Eselon IIIB 115 orang, Eselon IVA 647 orang, dan Eselon IVB 232 orang.
Sejumlah pejabat itu akan mengisi 31 Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru saja dibentuk oleh pemerintah setempat. Bupati juga menjamin, proses mutasi dan rotasi pegawai di lingkungan Pemkab Karawang berjalan dengan profesional.
Bahkan menurut Cellica, siapapun bawahannya yang berani memberikan sesuatu demi menduduki jabatan tertentu, dia tegas akan menindak oknum tersebut jika memang terbukti. "Haram bagi saya kalau ada jual beli jabatan di Karawang. Alhamdulilah proses mutasi berjalan lancar tidak ada intervensi dari siapapun," ujar Cellica. (rud/zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template