Aneh, Punya Arena Adu Domba tapi Tidak Punya Kampus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Aneh, Punya Arena Adu Domba tapi Tidak Punya Kampus

Aneh, Punya Arena Adu Domba tapi Tidak Punya Kampus

Written By ayah satria on Kamis, 26 Januari 2017 | 16.18.00

Pemkab Purwakarta Seharusnya Malu dan Buat Universitas

PURWAKARTA, RAKA - Pemda Purwakarta didesak untuk membangun universitas. Ketua Generasi Muda Kesatuan Penerus Perjuangan Republik Indonesia (Garuda KPPRI) Purwakarta Haris mengatakan, tidak ada alasan lagi pemerintah menunda-nunda pembangunan universitas yang respresentatif di Purwakarta.
"Punya keberanian tidak Pemda Purwakarta membangun universitas di Purwakarta. Untuk memanjakan hewan saja kemarin katanya menganggarkan Rp 10 miliar, masa untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pemerintah tidak mampu," kata Haris, kemarin.
Ia menilai, konsepsi pendidikan berkarakter yang digembor-gembor Bupati Purwakarta, berjalan bertolak belakang dengan realita pendidikan bahwa di Purwakarta, hingga saat ini belum memiliki universitas yang betul-betul disiapkan oleh pemerintah. Tentu saja kata Haris, kebijakan pendidikan berkarakter terutama di wilayah pendidikan tinggi di Purwakarta merupakan hal yang paradoks. Karena pada kenyataannya di Purwakarta tidak berdiri universitas yang betul-betul dikelola untuk menciptakan SDM generasi yang sesuai dengan cita-cita Pemda Purwakarta. “Saya lihat di Purwakarta ini lebih terfokus pada jurusan atau tenaga kependidikan seperti UPI Kampus Purwakarta, STKIP, STAI. Sehingga untuk lulusan tenaga kependidikan di Purwakarta cenderung overload,” kata Haris.
Untuk jurusan keahlian lain yang menjadi penopang SDA di Purwakarta, kata dia, terkesan diabaikan. Keahlian profesional seperti perikananan, pertanian, pariwisata, sosial dan humaniora jelas tidak ada. Padahal, sambung dia, saat ini Pemda Purwakarta terus fokus berwacana tentang pariwisata serta pertanian, perikanan yang sesuai dengan kondisi geografis Purwakarta. Pemerintah, sambung dia, mestinya mendorong adanya universitas yang berdiri dan didirikan di Purwakarta. Sehingga sesuai dan akan menopang terlaksananya program pendidikan berkarakter yang di canangkn oleh Pemda Purwakarta. “Kalau boleh saya berpendapat, sepertinya program pendidikan berkarakter tidak akan terwujud bila tidak adanya universitas yang berbasis kearifan lokal dan berkarakter di Purwakarta. Dan satu hal, jika Purwakarta punya universitas yang representatif, maka kita tidak lagi tergantung kepada keberadaan lembaga pendidikan tingggi yang ada di Bandung, Jakarta, ataupun Yogyakarta ketika berbicara pendidikan tinggi bertaraf nasional,” paparnya.
Sementara, mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Purwakarta, berencana akan melakukan identifikasi kendala-kendala yang dihadapi Pemda Purwakarta dalam pembangunan universitas tersebut. Ketua PMII Purwakarta, Marsyid Hidayat mengatakan, secepatnya ia akan mendatangi Dinas Pendidikan Purwakarta untuk mempertanyakan kendala pembangunan universitas. "Dan kami juga akan menyuarakan hal serupa, Pemda Purwakarta harus secepatnya membangun universitas," singkat dia. (awk)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template