Alam Pancuran Mas Diobservasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Alam Pancuran Mas Diobservasi

Alam Pancuran Mas Diobservasi

Written By Mang Raka on Senin, 23 Januari 2017 | 15.30.00

* SMAN 1 Tegalwaru Kerahkan 30 Siswanya

TEGALWARU,RAKA - Sekitar 30 siswa SMAN 1 Tegalwaru melakukan observasi alam di sekitaran Pancuran Mas Desa Wargasetra. Kegiatan ekstrakulikuler tersebut sebagai analisa objek wisata alam yang dimiliki oleh Kecamatan Tegalwaru dan potensi alamnya, Minggu (22/1).

Pelaksanaan yang dilaksanakan selama satu hari itu dipelopori oleh OSIS SMAN 1 Tegalwaru dan didampingi Sispala SMAN 1 Tegalwaru. Kegiatan pun diorientasikan di wilayah sumber air Pancuran mas yang saat ini menjadi sumber air bagi masyarakat setempat. Observasi itu dikaitkan dengan salah satu topik mata pelajaran itu sekaligus mengangkat potensi alam yang di miliki oleh Desa Wargasetra dan wilayah Desa Cigunungsari. Bahkan hasil observasi itu bisa dijadikan acuan penulisan yang nantinya di bahas secara akademik di lingkungan sekolahnya.
Kegiatan yang dihadiri juga oleh unsur aparatur Desa Wargasetra, Yayan (36) yang juga sebagai Kepala urusan Keamanan dan ketertiban menyampaikan kegiatan itu menurutnya merupakan sarana yang baik bagi pengetahuan mereka tentang Alam yang di miliki oleh wilayah Desanya. Dirinya pun mengungkapkan rasa keingintahuan siswa perihal potensi alam yang di miliki cukup menjual dan membanggakan mendapat respons dari siswa SMAN 1 Tegalwaru.
"Mereka akan memahami potensi alam yang dimiliki oleh wilayahnya, dan saya menyambut baik dengan pemahaman-pemahaman itu, ketika rasa memiliki mereka tumbuh maka saya yakini bahwa potensi alam di Kecamatan Tegalwaru bisa dijadikan opini mereka agar mau mengelola alam hingga dijadikan sarana membuka peluang usaha untuk masa depannya," katanya.
Hal senada pun diutarakan warga setempat, Uha (39), dirinya walaupun pengetahuan tidak setinggi siswa yang tengah observasi minimal setuju dengan apa yang diutarakan oleh Kepala urusan dan ketertiban Desa Wargasetra karena dengan demikian siswa akan banyak belajar menghormati alam agar bisa di jadikan sarana mereka berusaha demi masa depannya. "Daripada kerja di pabrik saya sangat setuju jika potensi alam di Tegalwaru dioptimalisasi dan yang sangat juga di dukung oleh masyarakat, dan peluang usaha di alam tidak ada batas nya tidak seperti di pabrik, asal mau bekerja dan hormati alam saya yakin masa depan sudah ada di depan mata.
Sementara Arfiansyah (16) siswa kelas 11 pun mengatakan orientasi observasi yang dilakukan sekolahnya itu merupakan sarana belajar kepada alam. Dirinya pun Menerangkan potensi alam yang dimiliki oleh Kecamatan Tegalwaru cukup membanggakan dirinya, karena terdapat karakteristik alam yang sangat menjual baik bagi pariwisata maupun bagi kelangsungan hidup masyarakat. "Ini bisa dijadikan sarana selain kami dapat catatan untuk tugas kami juga untuk sekolah, dan saya merasa bangga bahwa alam kami selain indah juga bisa dijadikan sarana wisata yang bisa menjual dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyatakat juga," harapnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template