4 Pegawai Dishub Diciduk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 4 Pegawai Dishub Diciduk

4 Pegawai Dishub Diciduk

Written By Mang Raka on Senin, 30 Januari 2017 | 15.30.00

- Target Selanjutnya Pungli di Cirata

PURWAKARTA, RAKA - Empat orang petugas pemeriksa kartu uji berkala kendaraan bermotor atau kir diamankan Tim Sapu Bersih Pungli (Saber Pungli) Purwakarta. Empat orang petugas ini masing-masing bernama Dindin Mulyadi (45) sebagai penguji dan Didin Saripudin (46) sebagai pemungut retribusi. Keduanya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Perhubungan (Dishub) Purwakarta. Sedangkan untuk dua orang lainnya masing-masing bernama Dadan Miharja (57) sebagai perwakilan dari Organda Purwakarta dan Ida Nuraeni (37) sebagai petugas Tenaga Harian Lepas atau THL pada Dishub Purwakarta.
Keempat petugas ini diamankan saat Tim Saber Pungli Purwakarta menggelar operasi tangkap tangan (OTT), di lokasi pengujian kir, di halaman depan kantor Dishub Purwakarta, Jalan Veteran, Ciseureuh Kecamatan Purwakarta Kota, Jumat (27/1) lalu.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, mereka menerbitkan kartu uji berkala kendaraan bermotor atau kir sebanyak 46 buku kir. Namun dari jumlah tersebut, hanya 28 kendaran diantaranya yang betul-betul dihadirkan unitnya dan dilakukan pengujian meliputi pra uji administrasi seperti fotokopi STNK, buku uji, STNK, uji validasi seperti pengujian lampu, pemeriksaan kolong, bantalan, suspensi, ban, speedometer, spion, ban stip, kaca, bodi, casis, uji emisi, rem dan lain-lain. Itu diatur dalam Pasal 59 Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Terdapat 18 penerbitan buku kir yang tidak dilakukan uji dan tanpa dihadirkan kendaraannya. Dan dipungut biaya melebihi tarif retribusi sesuai Perda Purwakarta Nomor 5 tahun 2012 Tentang Retribusi Kendaraan Bermotor untuk retribusi kendaraan baru Rp 94.500 dan berkala sebesar Rp 42.000," kata Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat yang juga sebagai penanggung jawab Saber Pungli Purwakarta, melalui ponselnya kepada awak media.
Tim Saber Pungli Purwakarta, kata dia, berhasil mengamankan 1 buku rekap pengujian kendaraan baru, 1 buku pendaftaran kendaraan yang diuji, 18 berkas permohonan uji kir tanpa diuji, 28 berkas permohonan uji kir yang di uji serta uang tunai Rp 1.67 juta sebagai penerimaan retribusi. "Lalu ada 1 buku kir yang tidak diuji milik Nugraha Ramadan. Kemudian uang tunai Rp. 300 ribu yang yang diminta petugas uji tanpa dilakukan pengujian/melebihi tarif retribusi," jelasnya.
Sementara, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meminta, agar Tim Saber Pungli Purwakarta untuk segera bergerak memberantas pungli parkir kendaraan bermotor di kawasan Bendungan Cirata yang sudah sangat meresahkan. Dedi menduga, pungli yang telah lama berlangsung ini turut dilindungi oleh lembaga yang mengatasnamakan masyarakat setempat. “Setelah ini silakan fokus ke Cirata, saya banyak menerima laporan ada pungli parkir kendaraan bermotor disana, dan satu lagi PR besar tim ini yaitu pungli di bidang rekrutmen tenaga kerja, itu juga harus selesai,” singkat Dedi. (awk)

Tim Saber Pungli Purwakarta
Empat orang yang diciduk
- Dindin Mulyadi (45) sebagai penguji berstatus PNS
- Didin Saripudin (46) sebagai pemungut retribusi berstatus PNS
- Dadan Miharja (57) sebagai perwakilan dari Organda Purwakarta
- Ida Nuraeni (37) sebagai petugas Tenaga Harian Lepas atau THL pada Dishub Purwakarta

Barang yang diamankan
- 1 buku rekap pengujian kendaraan baru
- 1 buku pendaftaran kendaraan yang diuji
- 18 berkas permohonan uji kir tanpa diuji
- 28 berkas permohonan uji kir yang di uji
- Uang tunai Rp 1.67 juta sebagai penerimaan retribusi
- 1 buku kir yang tidak diuji milik Nugraha Ramadan
- Uang tunai Rp. 300 ribu yang yang diminta petugas uji tanpa dilakukan pengujian/melebihi tarif retribusi

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template