154 Jabatan Masih Kosong, Komisi A akan Panggil BKD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 154 Jabatan Masih Kosong, Komisi A akan Panggil BKD

154 Jabatan Masih Kosong, Komisi A akan Panggil BKD

Written By Mang Raka on Selasa, 17 Januari 2017 | 18.09.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang dinilai lamban menyelesaikan persoalan rotasi, dan promosi jabatan di sejumlah organisasi perangkat daerah. Tidak mau persoalan itu berlarut-larut, Komisi A DPRD Kabupaten Karawang rencananya akan memanggil Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD).
Wakil Ketua Komisi A DPRD Karawang, Indriyani mengatakan, masih ada 154 jabatan yang masih kosong dan belum definitif. "Kami akan panggil BKD untuk hearing. Kenapa sampai sekarang belum juga dilakukan rotasi, mutasi dan promosi jabatan," ujar Indriyani kepada Radar Karawang, Senin (16/1).
Dia mendesak BKD dan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) segera mengisi jabatan-jabatan yang kosong, atau yang masih dirangkap oleh satu orang. Karena dia merasa khawatir pelayanan publik akan terganggu. Ada beberapa Camat yang jabatannya dirangkap, ada juga dinas/instansi yang jabatannya sementara ini masih Plt. Dia mencontohkan seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dipimpin oleh pelaksana tugas. "Tapi semoga saja, meski merangkap jabatan kinerjanya baik," tambahnya.
Dia juga menyampaikan, sudah seharusnya surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), dijalankan per 1 Januari 2017. Pengukuhan dan pelantikan pejabat yang dilakukan pada tanggal 31 Desember 2016 lalu, ternyata masih banyak menyisakan ruang kosong dalam dinas/instansi yang ada. "Memang PNS itu di bawah sekda (sekretaris daerah). Tetapi ada OPD yang khusus menangani itu (rotasi, mutasi dan promosi jabatatan), yaitu BKD," ujarnya
Dia menduga keterlambatan tersebut ada pada bupati, karena beberapa waktu lalu Komisi A sudah melakukan hearing dengan Baperjakat. Dan pihaknya sudah menyiapkan draf terkait rotasi, mutasi dan promosi jabatan. Tetapi sampai pertengahan Januari 2017 belum dilakukan seluruhnya. "Kalau Baperjakat, kami lihat mereka sudah jalan yah. Karena kami pernah hearing, memang sudah disiapkan (rotasi, mutasi dan promosi jabatan). Kemungkinan besar ini kepala daerahnya (bupatinya) lamban," tegasnya.
Menurutnya hal tersebut bisa disebabkan karena banyaknya pertimbangan yang dilakukan oleh kepala daerah. Sehingga prosesi pelantikan atau pengukuhan rotasi, mutasi dan promosi jabatan terhambat. "Jadi dalam hearing nanti, kami akan tanyakan kenapa penyebabnya. Apakah karena aturan atau karena apa," ujarnya.
Sementara Sekretaris BKD Karawang Asep Aang mengaku terkait rotasi, mutasi dan promosi pejabat, sore ini (kemarin) dibahas. Sesuai arahan dari Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, rotasi, mutasi dan promosi jabatan tidak akan lebih dari bulan Januari 2017. "Ini juga tidak akan berpengaruh pada penyerapan anggaran. Insyaallah semuanya berjalan dengan baik," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template