13 Tahun Jaga Jalupang, Belum Punya Jaminan Kesehatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 13 Tahun Jaga Jalupang, Belum Punya Jaminan Kesehatan

13 Tahun Jaga Jalupang, Belum Punya Jaminan Kesehatan

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Januari 2017 | 12.30.00

KOTABARU, RAKA - Puluhan tahun menjaga keamanan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang, Uci Sanusi (53) sama sekali belum mendapatkan jaminan kesehatan apapun dari pemerintah. Padahal integritasnya patut diapresiasi, karena selama ini keamanan di tempat tersebut sangat baik.
Uci mengaku sudah bertugas di Jalupang sejak pertama kali tempat itu diaktifkan, yaitu tahun 2003. Meski begitu, hal itu tidak membuat Pemerintah Kabupaten Karawang meliriknya. "Selama ini belum ada obrolan buat asuransi apapun, minimal ada BPJS gitu. Sekalipun belum terkena penyakit, ya minimal ada perhatiannya," ucapnya kepada Radar Karawang, Selasa (3/1) kemarin.
Ia melanjutkan, menjaga TPA Jalupang tidak mudah. Seperti yang terjadi baru-baru ini, Karang Taruna Desa Wancimekar menuding dirinya menggelapkan uang dana kompensasi sampah. Tuduhan itu memang tidak langsung ditudingkan kepadanya, namun yang disayangkan olehnya adalah ketidaksesuaian akan informasi yang telah beredar. "Saya disini kerja mengamankan beko. Jika saya dituduh menggelapkan uang, jangankan puluhan juta, Rp 100 ribu saja belum pernah," ucapnya.
Profesi yang dilakoninya saat ini, kata Uci, bukan pekerjaan pertamanya. Karena sudah beragam profesi digelutinya. Jika dibandingkan, dia lebih nyaman menjaga Jalupang. Walaupun upah pertama yang diterimanya hanya Rp 100 ribu, lalu naik hingga Rp 1,5 juta per bulan.
"Penghasilan segitu mana cukup buat menafkahi keluarga. Saya sekarang berternak kambing untuk bisa menafkahi keluarga," ucapnya
Ia mengatakan, penghasilan dari beternak kambing, cukup membantunya agar bisa bertahan sampai saat ini. "Alhamdulillah selama 6 bulan sekali bisa jual kambing untuk dijual. Saya mau menafkahi keluarga dengan hasil yang halal, bukan dengan cara yang kotor," ucapnya (mg2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template