Warga Cikeris Gelar Hajat Bumi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Cikeris Gelar Hajat Bumi

Warga Cikeris Gelar Hajat Bumi

Written By Mang Raka on Jumat, 23 Desember 2016 | 15.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Indonesia terkenal dengan ragam budaya dan adat istiadatnya. Hajat bumi salah satunya. Kegiatan ini merupakan salah satu warisan leluhur yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. Cara masyarakat Dusun Cikeris 1 Desa Waluya Kecamatan Kutawaluya pun sama. Yakni tetap melestarikannya dengan menggelar acara tersebut setiap tahun.
Kepala Dusun Cikeris 1 Sopiyan atau biasa dipanggil Pak Wakil Badeng mengatakan gelaran hajat bumi merupakan cara masyarakat untuk mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan. Melalui Sumber Daya Alam (SDA) nya, Tuhan telah mempersiapkan dan melimpahkan kemurahan untuk dimanfaatkan warga. "Intinya kita syukuran aja," katanya kepada radar Karawang, Kamis (22/12) kemarin.
Dibantu iuran masyarakat, sambung Sopiyan, kegiatan ini bisa terlaksana dengan cukup meriah. Kendatipun hiburannya tidak seperti tahun kemarin, minimal warga Dusun Cikeris 1 bisa melaksanakannya secara kontinyu. Mengingat keadaan panen yang kurang begitu menguntungkan, namun hajat bumi ini harus tetap diadakan. Karena momen ini juga merupakan salah satu ruang untuk masyarakat untuk bersilaturahmi. "Tahun kemarin mah kita ngadain hiburan dengan Pergelaran Seni Topeng, tapi dengan hasil panen yang kurang menguntungkan, sekarang kita  adakan pemutaran layar tancep aja, yang penting inti syukurannya sudah terpenuhi," ujanya.
Ia melanjutkan, dorongan masyarakat lah yang meminta dilaksanakannya hajat bumi ini setiap tahun. Ia mengaku tergerak dan akan selalu siap mengayomi masyarakat selagi kegiatan itu dinilai positif dan memajukan. "Saya mah siap terus," ucapnya.
Hajat Bumi ini dibuka dengan pembacaan manakib yang dipimpin oleh ustaz setempat, dan dihadiri langsung oleh Badan Pemerintah Desa (BPD). Dan dilanjutkan dengan pemutaran layar tancep. (mg3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template