UN Dihapus, UNBK Tergusur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » UN Dihapus, UNBK Tergusur

UN Dihapus, UNBK Tergusur

Written By Mang Raka on Kamis, 01 Desember 2016 | 14.30.00

KOTABARU, RAKA - Rencana pemerintah pusat menghapus ujian nasional, ditanggapi serius oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Dadan Sugardan.
Pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi jika ujian diserahkan ke daerah. Menuurut Dadan Kemendikbud ingin mengembalikan evaluasi pembelajaran siswa menjadi hak dan wewenang guru, baik secara pribadi maupun kolektif. Dan negara cukup mengawasi dengan membuat regulasi, supaya standar nasional benar-benar diterapkan di sekolah. "Masih sebatas rencana yang akan dilakukan oleh Kemendikbud soal penghapusan ujian nasional. Kami masih menunggu secara teknisnya seperti apa," ujar Dadan saat berkunjung ke SMK Tri Mitra Kotabaru.
Ia melanjutkan, para pengawas pendidikan di Karawang, sudah terbiasa membuat soal dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan. "Sebenarnya sudah siap di daerah, karena sudah terbiasa melakukan pembuatan kisi-kisi soal," tambahnya.
Disinggung mengenai bagaimana nasib Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), menurut Dadan detailnya masih menunggu aturan teknis. Apakah nanti akan tetap dilakukan UNBK atau ujiannya dengan menggunakan kertas. "Kemungkinan akan batal UNBK, mungkin nanti pakai paper. Itu kalau Disdik tidak memiliki server dan peralatan teknologi lainnya untuk bisa menggelar UNBK secara daerah," ujarnya.
Tetapi, tambah Dadan, kalau ternyata pemkab bisa menggunakan server yang ada di Kementerian Pendidikan, dan memang memungkinkan UNBK atau nanti dengan sebutan lain tapi tetap berbasis komputer, maka itu artinya tetap bisa dilakukan semacam UNBK. "Yang jelas, kita masih nunggu Kepresnya tentang UN yang akan diserahkan ke setiap daerah ini yah," pungkasnya. (zie)


Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. ganti mentri ganti peraturan,... selama sinetron,terus acara acara di tv yg ada raffi ahmadnya masih di tayangkan,maka generasi muda bangsa ini masih bodoh.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template