Tong Sampah Solusi Atasi Masalah Sampah Liar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tong Sampah Solusi Atasi Masalah Sampah Liar

Tong Sampah Solusi Atasi Masalah Sampah Liar

Written By Mang Raka on Selasa, 20 Desember 2016 | 15.30.00

KLARI, RAKA - Membuat tong sampah merupakan solusi yang mesti ditempuh. Ini harusnya dilakukan Dinas Cipta Karya untuk menempatkan tong sampah di sekitar jalan raya Klari menuju Cikampek. Sehingga tidak ada sampah yang berserakan di jalan.

Pemerhati sosial, Siti Mursyidah, baru-baru ini, mengatakan itu. Mursyidah menyinggung soal interasih dan menurut dia, pengadaan tong sampah merupakan upaya menyelenggarakan kembali program interasih sekaligus menumbuhkan kesadaran kesehatan lingkungan masyarakat. "Semua harus bergerak untuk menumbuhkan masyarakat yang sehat dan mandiri, dalam menjaga lingkungan sekitar," katanya.
Dijelaskan, interasih sebetulnya sudah sejak lama dicanangkan pemerintah kabupaten sebagai program unggulan. Sayang, program ini tidak berjalan bahkan terkesan mandeg. Padahal melalui program tersebut optimis terwujudnya lingkungan sehat yang didengung-dengungkan hampir semua desa di kabupaten ini. Seperti diungkapkan Rajim, warga setempat, Pemerintah Kabupaten Karawang seharusnya menggalakan kembali program Karawang Indah, Tertib, Aman dan Bersih. Terlebih jika menyikapi kondisi lingkungan seperti saat ini. Banyak sampah bertebaran di pinggir jalan sehingga menyebabkan kurang indah, serta menimbulkan berbagai macam penyakit. "Program Interasih harus didukung dengan penegakan Perda K3, sehingga masyarakat takut kena sanksi," ujar Rajim.
Rajim menambahkan, program Karawang Interasih yang diserukan Pemkab Karawang gagal, karena banyak sampah yang bertebaran di sekitar pinggir jalan. Pemkab Karawang harus serius menangani permasalahan sampah dengan memberikan bantaun truck sampah pengangkut di setiap kecamatan. Sampah yang dipinggir jalan diperparah dengan hanya dilakukan pentutupan dengan spanduk Karawang Interasih, akan tetapi sampah tetap dibiarkan di pinggir jalan. "Kesadaran masyarakat harus ditingkatkan dengan regulasi yang kuat serta penegakannya yang mengancam dengan sanksi," katanya.
Sementara itu upaya untuk memberikan efek jera terhadap warga pembuang sampah sembarangan pun diungkap berbagai kalangan. Tanpa terkecuali Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lodaya, Nace Permana. Dia malah mendesak untuk diadakannya regulasi bagi warga yang membuang sampah sembarangan kian menguat, tanpa terkecuali masyarakat yang berada di Kecamatan Klari. Untuk itu, perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, sebelum meluncurkan program pengentasan sampah. "Tingkat kesadaran masyarakat masih rendah. Hal tersebut menjadikan kepedulian lingkungan yang bersih masih jauh dari harapan,“ terang Nace.
Nace melanjutkan, dalam mengatasi kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Karawang, sudah dilakukannya desakan terhadap  Pemerintah Daerah untuk segera menanggapi persoalan kebersihan lingkungan yang sampai saat ini belum dapat terpecahkan. Hal itu menjadikan  pembuatan regulasi sudah diajukannya. “Untuk Regulasi sejak tahun 2007 pun, kami sudah mendesak agar pemerintah segera adakan regulasinya agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.
Hal senada dipaparkan, Andri salah seorang aktifis Mahasiswa Karawang, sekaligus tokoh pemuda di wilayah Kosambi, Kecamatan Klari megatakan, Banyaknya TPS liar yang di wilayah Kecamatan Klari, menjadikan keindahan lingkungan diwilayahnya sedikit tercemari. Hal ini dikarenakan banyaknya tumpukan sampah disepanjang jalan Raya Klari, hingga saat ini belum dapat teratasi. (ari)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Masyarakat buang sampah pada Tempatnya,penjabat mengalokasikan dana buat kebersihan.dan tentunya dana nya tdk di sunat.BERSIH itu INDAH bebas dari SAMPAH bebas dari KORUPSI.

    BalasHapus
  2. urun rembuk,bila berkenan teknologi pemusnah sampah betul2 mengatasi masalah sampah.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template