Tarif Nomor cantik Kendaraan Diberlakukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tarif Nomor cantik Kendaraan Diberlakukan

Tarif Nomor cantik Kendaraan Diberlakukan

Written By Mang Raka on Rabu, 28 Desember 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - ini juga terbosan yang dilakukan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Karawang guna mengoptimalkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Terhitung 2017 ini, tarif terhadap plat nomor atau Nomor Register Kendaraan Bermotor (NRKB) cantik diberlakukan. Tarif termahal 20 juta dan paling murah Rp 5 juta dan aturan tersebut akan berlaku mulai 6 Januari 2017 mendatang.

Kasatlantas Polres Karawang AKP Rendy Setia Permana melalui Kanit Regident Ipda Undang Syarif mengatakan, pemberlakuan tarif untuk nomor nomor cantik tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintahan (PP) No. 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Selain nomor nomor cantik, tarif  STNK,  TNKB, BPKB, SIM dan mutasi  juga mengalami kenaikan," kata Undang, Selasa (27/12).
Tarif untuk plat nomor atau NRKB satu angka tidak ada huruf Rp 20 juta, ada huruf Rp 15 juta, dua angka tidak ada huruf Rp 15 juta, ada huruf Rp 10 juta. “Untuk NRKB pilihan tiga angka tidak ada huruf Rp 10 juta, ada huruf Rp 7,5 juta, NRKB pilihan empat angka, tidak ada huruf Rp 7,5 juta, ada huruf Rp 5 juta,” urainya.
Sedangkan untuk pengesahan STNK tahunan, tarif baik untuk roda dua atau pun tiga yang sebelumnya sebesar Rp 25 ribu berubah menjadi Rp 100 ribu dan roda empat atau lebih dari Rp 50 ribu menjadi Rp 200 ribu.  Kemudian, tarif tanda nomor kendaraan bermotor(TNKB) roda dua/roda tiga dari Rp 30 ribu per pasang naik menjadi Rp 60 ribu. Sedangkan untuk roda empat atau lebih dari Rp 50 ribu menjadi Rp 100 ribu. "Untuk SIM kini ada tiga golongan yaitu C itu hanya untuk kendaraan sampai 250 CC, SIM  C 1 dengan kecepatan sampai 500 CC, dan CII kecepatan sampai 1000 cc. Sementara untuk SIM D untuk difabel yang menggunakan motor. Sekarang sudah ada SIM difabel untuk mobil yaitu SIM DI ," katanya.
Undang menambahkan, surat mutasi kendaraan bermotor keluar daerah untuk roda dua dan tiga, yang sebelumnya Rp 75 ribu menjadi Rp 150 ribu. Kemudian kendaraan roda empat atau lebih dari Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu. "Untuk penerbitan BPKB, untuk roda dua dan roda tiga, yang sebelumnya Rp 80 ribu menjadi Rp 225 ribu dan untuk roda empat yang sebelumnya Rp 100 ribu menjadi Rp 375 ribu," terangnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template