SMP Rujukan Nasional Juga Butuh Dukungan Pemkab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMP Rujukan Nasional Juga Butuh Dukungan Pemkab

SMP Rujukan Nasional Juga Butuh Dukungan Pemkab

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Desember 2016 | 16.00.00

TELAGASARi, RAKA - Menyandang status sebagai sekolah rujukan nasional sejak Agustus lalu,  SMPN 1 Telagasari menunggu teknis pelaksanaan yang kemungkinan ditindaklanjuti pada Januari 2017 mendatang. SK Kementrian Pendidikan yang sudah dikantongi kepala sekolah diharapkan didukung penuh Pemkab Karawang, sebagai sekolah prioritas yang menjadi model bagi sekolah-sekolah lainnya.
Kepala SMPN 1 Telagasari, Jamal Yusuf S.pd mengatakan sejauh ini, status sekolah rujukan yang disandang sejak Agustus lalu, belum ada tindaklanjut pelaksanaan yang berarti. Dari pusat sendiri, belum ada rencana anggaran khusus dalam prosesnya lantaran masih dipending. Meski demikian, sekolah semampunya memenuhi standar yang dikriteriakan. Terutama menata sarana prasarana yang meskipun dalam aplikasinya masih minim dan tidak jauh berbeda dengan sekolah lainnya. Hanya saja, kedepan, dirinya menginginkan adanya nilai plus percontohan dalam kegiatan-kegiatannya seperti program kegiatan ekstrakulikuler yang lebih ditingkatkan mutu dan kualitasnya. Untuk itu, kabar terakhir kementrian akan menindaklanjutinya pada tahun ajaran ini tepatnya di semester 2 pada Januari mendatang. "Kita belum action sih, karena masih menunggu tindaklanjut dari pusat, yang kabarnya pada Januari mendatang," kata dia.
Sebagai satu-satunya sekolah di Karawang yang menyandang status rujukan Nasional sebut Jamal, sebenarnya tidak serta merta menjadi beban tersendiri dalam memenuhi standar model percontohan. Sebab jika dianggap beban, berarti pihak sekolah pesimis dan tidak ingin berkembang. Untuk itu, beragam kendala atas status ini, mau tidak mau harus dihadapi, karena pihaknya memiliki komitmen untuk berkembang lebih baik lagi.
Meskipun sarana belum memadai betul, tetapi disarankan kedepan bisa disempurnakan lewat dukungan semua pihak tanpa kecuali Pemkab. Ia mencontohkan misalnaya kalau bisa ada kelas belajar dengan berbasis IT. Sekurang-kurangnya ada infokus, selebihnya ada sarana-sarana komputerisasi. Namun, arah menuju ke arah itu disiapkan, agar status ini sekolah memiliki nilai tambah sebagai diferensiasi dengan sekolah-sekolah lainnya. "Mungkin eskulnya ditambah, atau  sistem pembelajarannya lebih matang lagi, yang jelas kita optimis mempunyai keinginan maju, karena niat dan sikap kita jelas," kata dia.
Lebih jauh, mantan Kepsek SMPN 1 Tempuran ini menambahkan, menghadapi realisasi sekolah rujukan nasional, pihaknya akan menjalani pekerjaan dengan santai dan serius. Mengingat memang program ini tak perlu jadi beban. Sebab, penunjukan sekolah percontohan misalnya,  menjadi kepercayaan yang justru tidak boleh disia-siakan meskipun di tengah segala keterbatasan yang ada.
Betapapun misalnya, ada rotasi kepsek dengan priodesasinya, pergantian guru dan lainnya, program ini akan tetap berjalan karena sudah tersosialisasikan kepada semua guru dan stakeholder terkait. Pemkab, diharapkan ikut mendukung dan suport maksimal. Setidaknya siap memfasilitasi kebutuhan jika sewaktu-waktu diharapkan. "Kita ingin punya sarana fisik bisa lebih indah dan lengkap, juga punya program unggulan, Disiplin waktunya dan matang SDMnya," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template