SIM Pelaporan Data Transaksi Wajib Pajak Diluncurkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SIM Pelaporan Data Transaksi Wajib Pajak Diluncurkan

SIM Pelaporan Data Transaksi Wajib Pajak Diluncurkan

Written By Mang Raka on Jumat, 16 Desember 2016 | 13.00.00

*Pemda Gali Potensi PAD

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Daerah (Pemda) meluncurkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pelaporan Data Transaksi Wajib Pajak Dalam Jaringan guna menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu, CGV Blitz Mall Festive Wak Karawang, menjadi pilot projec program tersebut.

Sekertaris DPPKAD Kabupaten Karawang, Hambali, Kamis (15/12) menyampaikan, Transaction Management Device (Tapping box) adalah sebuah alat yang dapat menangkap transaksi yang tercetak oleh printer point of sales yang digunakan oleh wajib pajak. Sistem ini akan ditempatkan diantara Point Of Sales (Cash Register atau CPU) dan Printer. Saat akan melakukan print bill atau struk, secara otomatis data yang akan dikirim ke printer ditangkap terlebih dahulu oleh tapping box kemudian dicetak di printer.
Data yang ditangkap selanjutnya akan dikirimkan ke server melalui berbagai konektifitas jaringan internet yang memungkinkan. Sehingga data yang diperoleh tersebut selanjutnya dapat diolah oleh petugas pajak melalui workstation yang terhubung dengan Server Pajak Daerah. "Prinsip kerja alat ini tidak akan mengganggu Sistem yang dioperasikan di point of sales ataupun pada hardware yang digunakan," ujar Hambali.
Pilot project tersebut, tambah Hambali, diterapkan dalam ujicoba penyelenggaraannya sebanyak 5 (lima) perangkat TMD/Taping Box yang telah diintegrasikan dengan sistem transaksi usaha milik wajib pajak, yaitu CGV Blitz Cinema – Mall Festive Walk Karawang, Kentucky Fried Chicken – Mall Karawang, Secure Parking – Carrefour Karawang, SMART Parking – Mall Cikampek dan Swiss Belinn Hotel Karawang (dalam konfirmasi). "Kelima titik tersebut mewakili para wajib pajak self assessment yang menjadi salah satu ujung tombak pendapatan asli daerah Kabupaten Karawang, yaitu Pajak Hiburan, Pajak Restoran, Pajak Parkir, dan Pajak Hotel," ujarnya.
Dia juga menyampaikan tata kelola kepemerintahan, harus adanya sinergitas antara 3 pilar yaitu pemerintah, pengusaha swasta dan masyarakat. Oleh karenanya tiga pilar tersebut harus mampu dioptimalkan untuk bisa menggali potensi daerah yang dimiliki. "Ini agar usaha yang ada di Karawang tumbuh dan berkembang dengan wajib pajak membayar dengan benar," ujarnya.
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, berharap dengan adanya sistem terintegrasi tersebut, dapat semakin meningkatkan kualitas pengelolaan pajak daerah, khususnya yang berjenis Self Assesment, serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak untuk melaporkan, menghitung, dan menyetorkan pajak sesuai dengan kondisi usaha yang sebenarnya. "Sehingga pada akhirnya target rencana penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat terwujud, dan bahkan jauh terlampaui," ujarnya.
Sementara Regional Manajer, CGV Blitz Mall Festive Wak Karawang, Maradona, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah. Karena dengan diluncurkannya program baru tersebut mempermudah wajib pajak dan tentu bisa meningkatkan potensi yang ada. "Kita punya komitmen untuk meningkatkan  perekonomian. Blit baru 1 tahun hadir di Karawang sudah 800 ribu orang yang nonton, ini merupakan  budaya baru di karawang," ujarnya.
Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan kepada para wajb pajak yang sudah bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan ini kepada perwakilan dari Bank BJB Cabang Karawang, perwakilan dari PHRI Karawang, serta Para Wajib Pajak Kabupaten Karawang khususnya mereka yang bersedia untuk menjadi lokasi pilot projec tersebut. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template