Sadar Donor Darah di Cilebar Masih Rendah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sadar Donor Darah di Cilebar Masih Rendah

Sadar Donor Darah di Cilebar Masih Rendah

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Desember 2016 | 15.00.00

CILEBAR, RAKA - Sebanyak 18 kantong darah terkumpul melalui aksi sosial donor darah yang digelar di Kecamatan Cilebar. Acara ini bisa terjadi berkat kerja sama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kertamukti dan Palang Merah Indonesia (PMI).
Kurnaen Ketua PMI sekaligus Sekretaris Kecamatan Cilebar mengatakan dengan selebaran undangan yang dilayangkan pihak kecematan ke-10 desa yang berada di bawah naunganya, yang menjadi sasaran utamanya yakni perangkat desa untuk diambil darahnya. Namun hanya 2 sampai 3 orang saja yang datang. Selain karena tidak termasuk kriteria sebagai pendonor, para perangkat juga dinilai ketakutan dengan jarum suntik. "Tadinya sasaran donor darah ini untuk perangkat desa, namun tidak pada hadir. Sekalipun ada yang datang, tidak masuk kriteria pendonor, karena habis minum obat dan HBnya rendah," katanya kepada Wartawan, Selasa (13/12) kemarin.
Mengingat baru pertama kali diadakan kegiatan bakti aksi sosial donor darah di Kecamatan Cilebar, sambung Sekcam, aksi sosial ini terbilang kurang mendapat respon. Selama ini masyarakat Cilebar belum sadar pentingnya donor darah. Terhitung dari 10 desa yang diundang cuma ada beberapa yang hadir. "Dari 36 pendonor, 27 orang orang yang diambil darahnya, dan 9 orang lagi tidak memenuhi syarat, karena saya sebagai ketua PMI kecamatan baru kali ini melaksanakannya," ujarnya.
Ia melanjutkan, kegiatan bakti sosial donor darah ini kedepannya akan di programkan 3 bulan sekali. Ia berharap masyarakat bisa ikut andil dan mendonorkan darahnya. Karena kegiatan ini merupakan aksi murni untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. "Memang kegiatan ini murni sosial, harapan saya sebagai ketua PMI  kecamatan, mudah-mudahan kedepannya banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam mendonorkan darahnya untuk kegiatan sosial ini," ujarnya.
Hj Sukarsih Eka Kurnia Kepala UPTD Puskesmas Kertamukti menambahkan pihaknya selalu siap membantu masyarakat. Apalagi dengan kegiatan sosial untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat. "Untuk kebutuhan masyarakat kita pihak puskesmas akan selalu siap membantu," pungkasnya. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template