Rumah Terbakar Dapat Rp 3,5 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rumah Terbakar Dapat Rp 3,5 Juta

Rumah Terbakar Dapat Rp 3,5 Juta

Written By Mang Raka on Jumat, 30 Desember 2016 | 13.00.00

*Pemda Kucurkan Bantuan Korban Bencana

KARAWANG, RAKA - Puluhan korban bencana dari 18 desa di 16 kecamatan mendapat bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi dari pemerintah Karawang. Bantuan diberikan langsung kepada korban bencana setelah sebelumnya dilakukan verifikasi.

"Ini bantuan untuk korban abrasi, kebakaran, tersambar petir, longsor dan puting beliung. Jumlah mencapai 52 orang," ucap Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Armada,SE,MM, kemarin.

Adapun syarat untuk menerima bantuan yang dialokasikan melalui BPBD itu pertama harus memiliki KTP Karawang yang masih berlaku, KK Karawang yang masih berlaku dan ada Surat Keterangan Warga Miskin (SKTM) dari Desa. "Jadi telah diverifikasi terlebih dahulu oleh tim dari BPBD Kabupaten Karawang. Besaran bantuannya bervariasi, yang rusak ringgn Rp 1.500.000, rusak sedang Rp 2.500.000 dan rusak berat Rp 3.500.000," ujar Armada.
Sementara Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana, menyampaikan, sedikit bantuan yang diberikan bantuan oleh Pemda Karawang kepada para korban bencana untuk sedikit membantu meringankan beban para korban bencana. "Jadi yang hari ini pembangunan rumahnya belum sempurna, dengan sedikit bantuan yang kami berikan bisa sedikit meringankan. Jadi terimalah bantuan dari kami," ujar Cellica dihadapan para penerima bantuan.
Bupati meyakini, dipedesaan yang ada di Karawang, sifat gotong royongnya masih tinggi, sehingga bantuan yang jumlahnya sedikit bisa sedikit membantu untuk meringankan beban warga. "Di desakan sifat gotong royongnya masih tinggi, jadi kami sifatnya hanya untuk meringankan," ujarnya.
Ditempat yang sama, para korban bencana mengaku terbantu dengan kucuran bantuan bencana yang diberikan Pemda. Seperti dituturkan Ruminah, nenek tua yang usianya diperkirakan mencapai 70 tahun itu. Dia warga Dusun Krasak, Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan. Sekitar tiga bulan lalu rumahnya ludes terbakar akibat arus pendek. Kini dia mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,5 juta. "Sekitar tiga bulan lalu rumah saya habis terbakar. Sekarang tinggal bersama anak," ujar Raminah yang pendengarannya sudah mulai terganggu akibat usianya yang sudah sepuh.
Dia terlihat kebingungan, meski kehadirannya di Kantor orang nomor satu di Karawang itu untuk mengambil bantuan. "Terimakasih bantuannya," ujar Raminah. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template