Purwakarta Hanya Punya 5 Damkar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Purwakarta Hanya Punya 5 Damkar

Purwakarta Hanya Punya 5 Damkar

Written By Mang Raka on Selasa, 06 Desember 2016 | 16.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Keberadaan 5 unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) yang kini menghuni bidang pemadam dan penanggulangan bencana Kabupaten Purwakarta di Jalan Ahmad Yani, Cipaisan dianggap belum memenuhi kuota ideal sesuai jumlah penduduk Purwakarta.
"Kini, jumlah penduduk Kabupaten Purwakarta mendekati angka 1 juta jiwa. Berdasarkan standarisasi ideal, rationya dari 100 ribu penduduk, harus ada 1 unit damkar. Saat ini, kita baru memiliki 5 unit mobil pemadam kebakaran," ujar Kabid Pemadam dan Penanggulan Bencana Kabupaten Purwakarta, H. Helmi Setiawan, kepada awak media, belum lama ini.
Menurut Helmi, bidang yang dipimpinnya membutuhkan sarana yang cukup untuk menjawab respon masyarakat yang memerlukan jasa pemadam. "Sejalan dengan visi membangun pelayanan tercepat. Kita juga berharap Damkar Purwakarta dapat menjangkau wilayah luar Purwakarta," kata dia.
Pihaknya juga akan selalu siap mengatasi dan memfasilitasi kebakaran di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Pasalnya hal ini merupakan kepentingan masyarakat dan tugas yang harus diemban. "Agar masyarakat bisa merasakan hidup tentram dan kondusif kalau masalah kebakaran mudah diselesaikan secara cepat," tuturnya.
Selain itu, lanjut Helmi, secara umum, masyarakat sekarang ingin selalu mudah merasakan pelayanan terbaik dari pemerintah daerah. "Untuk tahun ini, data yang kami catat, perihal kejadian kebakaran kebanyakan diakibatan oleh konseting listrik dan dari kompor gas," ungkapnya.
Usulan penambahan unit damkar, kata dia, sedang dalam proses. Mulai dari besaran biaya kebutuhan pengadaan kendaraan 5 unit damkar dan perahu karet serta keperluan kantor dan operasional personil untuk selanjutnya diajukan ke eksekutif. "Mudah mudahan disetujui legislatif," harapnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template