PDI Perjuangan Laporkan Netizen ke Polisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PDI Perjuangan Laporkan Netizen ke Polisi

PDI Perjuangan Laporkan Netizen ke Polisi

Written By Mang Raka on Selasa, 06 Desember 2016 | 15.30.00

KARAWANG, RAKA - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Karawang melaporkan salah seorang Netizen ke Polres Karawang. Akun Facebook bernama Achmad yang diduga aktivis ormas islam Fron Pembela Islam (FPI) itu dinilai telah merusak nama baik dan marwah partai berlambang banteng itu.

Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Karawang, Karda Wiranata, menuturkan laporan tersebut terkait dengan Komentar salah seorang Netizen di laman akun Facebook milik Sekretaris PDI P Kabupaten Karawang, Ace Sudiar pada 1 Desember 2016 lalu. Melalui akun FB nya, Achmad menyebut PDIP adalah PKI (Partai Komunis Indonesia). "Kami melaporkan terkait komentar saudara Achmad, karena dalam akun Facebooknya mengatakan bahwa PDIP adalah PKI " ujar, Karda kepada wartawan di Kantor DPC PDI Perjuangan, Senin (5/12).
Dia menyampaikan, laporan tersebut ber nomor STTL/2706/XII/2016/Jabar/Res KRW, dengan pelapor yang mewakili PDI Perjuangan adalah Kuasa Hukum Partai yaitu Risman L Sipayung, SH. Lebih lanjut Karda menyampaikan, komentar saudara Ahmad tersebut, telah menghina dan mencemarkan nama baik PDI Perjuangan, oleh karenanya, berdasarkan hasil rapat partai, pemilik akun fb Achmad dilaporkan ke pihak yang berwajib. "PDI Perjuangan adalah Partai yang legal dan sah, berdasarkan Undang Undang, dan sudah beberapa kali mengikuti Pemilu, jadi saya pikir tidak ada masalah buat kita " tegasnya.
Dia juga menyampaikan, berdasarkan pengamatan dari profil fb nya, pemilik akun fb Achmad merupakan anggota ormas FPI. Meski demikian pihaknya tidak akan membawa nama-nama lembaga, melainkan hanya melaporkan secara individunya. "Jika saya amati orang tersebut adalah salah satu ormas islam, Front Pembela Islam atau FPI, Kita tidak mengadukan atas nama lembaganya tetapi kepada individunya, dia sudah menuduh, memprovokasi , seolah-olah PDI Perjuangan adalah partai terlarang," lanjutnya lagi.
Dia berharap, laporan yang dilakukannya bisa segera ditintaklanjuti, sehingga prosesnya bisa cepat dilakukan karena melanggar UU ITE dan mencemarkan nama baik partai serta menyentuh marwah partai. Dia juga menyampaikan, mengenai identitas terlapor, belum mengetahui secara pasti, meski PDI Perjuangan memiliki beberapa informasi terkait saudara Achmad  yang di duga adalah orang Karawang dan Ketua FPI dari salah satu Kecamatan yang ada di Karawang. "Biarlah nanti polisi yang mengungkap identitasnya dan kami harapkan polisi mengungkap motifnya," ujarnya.
Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Ace Sudiar menambahkan, laporan polisi yang dilakukan oleh PDI Perjuangan agar para pengguna medsos berhati-hati dalam menggunakan akun medsonya. Pasalnya bisa berdampak buruk untuk masyarakat. "Kami harap para pengguna medsos tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikan orang lain. Kami juga berharap kasus serupa tidak menimpa partai lain," ujarnya.
Sementara itu, Kuasa Hukum DPC PDI Perjuangan, Risman L Sipayung mengatakan, pihaknya melaporkan permasalahan ini atas dua hal yakni PDI Perjuangan memandang berita ini sebagai penghinaan dan fitnah serta pencemaran nama baik. Risman juga menambahkan, pihaknya sudah membawa barang bukti yakni capture komentar di laman Facebook milik Ace Sudiar. Dan atas laporan tersebut, terlapor akan dijerat Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 ayat 1 UU RI Nomro 11 Tahun 2008 tentang ITE tentang pencemaran nama baik lewat media elektronik. "Kami harap pihak kepolisian bisa segera menuntaskan kasus ini," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template