Ojeg Online Bisa Kumpulkan Uang Rp 4 Juta Sebulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ojeg Online Bisa Kumpulkan Uang Rp 4 Juta Sebulan

Ojeg Online Bisa Kumpulkan Uang Rp 4 Juta Sebulan

Written By Mang Raka on Sabtu, 03 Desember 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Karawang menjadi daerah yang mengalami perubahan dalam segi transportasi. Mulai ojek sepeda beralih ke ojek pangkalan, hingga kini yang marak digunakan orang adalah ojek online, yang muncul dengan ide-ide cemerlang. "Ojek tersebut lebih mudah diakses karena tidak perlu susah mencari karena ojek tersebut dipesan melalui sebuah aplikasi canggih," ucap Rohita Amalia, dalam artikelnya, Jumat (2/12).
Kendati, ditambahkannya, sebenarnya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) melarang adanya pembentukan ojek online dengan alasan ojek tidak masuk  dalam kategori alat transportasi umum, sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Kendari demikian, perlu disampaikan, berprofesi sebagai ojek online ternyata cukup menjanjikan. Dengan tarif yang sangat murah dibandingkan ojek biasa tentu saja menarik perhatian orang. Selain hanya bermodal sepeda motor untuk mengangkut penumpang, ternyata rider ojek online lebih ramah dan friendly sehingga penumpang merasa lebih nyaman. Ojek online juga mementingkan safety first dengan memberikan penumpang helm standar SNI untuk melindungi kepala.
"Pengamatan yang saya lakukan mengenai salah satu ojek online di Karawang, minat masyarakat tentang adanya ojek tersebut cukup tinggi. Berlainan sekali dengan pendapat pemerintah yang telah diungkapkan sebelumnya. Menurut salah satu rider, berprofesi sebagai ojek online cukup menjanjikan. Dengan jam kerja baik yang  full (24 jam) atau juga part time mereka cukup puas dengan penghasilan yang didapat setiap harinya. Dengan jumlah penumpang dalam sehari mencapai 5-15 orang malam sebulan bisa mengumpulkan uang bersih Rp 4 juta," kata Rohita.
Masih dikatakan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Singaperbangsa Karawang ini, Ojek online selain tugasnya mengantarkan penumpang, bisa juga melayani delivered order makanan. Penggunanya berasal dari semua kalangan. Mulai dari Mahasiswa, pekerja PT, bahkan ada yang menganggapnya sebagai pekerjaan tetap karena mereka tidak mempunyai keahlian lain selain mengojek.
Kehadiran ojeg online saat ini telah menyentuh hampir semua lapisan masyarakat dan saingan disektor bisnis transportasi, terutama ojeg-ojeg yang mangkal di pangkalan. Seperti diakui Obay, tukang ojek yang biasa mangkal di pangkalan ojek Perumahan Adiarsa. Sejak kehadiran ojeg online pendapatannya berkurang drastis. Biasa dalam sehari dia bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp 50 ribu.
Kendati demikian Obay tidak memusuhi ojeg online. Baginya rejeki sudah ada yang mengatur, tinggal bagaimana peruntungan masing-masing saja. "Desakan ekonomi namanya, dan tidak ada pekerjaan lain jadi tidak apa-apa ada tukang ojeg online, asal tahu batas. Misalnya lagi ada ojek yang ngetem jangan main sodok saja," ucapnya ketika diminta pendapatnya tentang kehadian ojeg online. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template