Menju Sekolah Rujukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Menju Sekolah Rujukan

Menju Sekolah Rujukan

Written By Mang Raka on Jumat, 16 Desember 2016 | 16.00.00

SMKN 1 Karawang Adakan Expose

KARAWANG, RAKA - Butuh dukungan, baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam mewujudkan sekolah rujukan seperti yang  akan dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Karawang, Kamis (15/12) pagi kemarin, pada acara expose SMK rujukan SMKN 1 Karawang. Tak hanya itu dalam acara tersebut sekolah juga bekerja sama dengan perusahaan untuk membuka job fair di halaman sekolah.
Kepala SMKN 1 Karawang, Agus Rukmawan M.Pd mengatakan, ada 17 SMK yang sedang mengajukan untuk menjadi sekolah rujukan termasuk salah satunya SMKN 1 Karawang. Bahkan, sekolah yang dipimpinnya sudah tinggal menunggu SK penetapan saja. "Hari ini (kemarin) kami menggelar Expose SMK Rujukan SMKN 1 Karawang, di mana di dalamnya ada seminar, pameran, job fair dan pentas seni," katanya.
Adapun tema yang digunakan, kata dia, adalah menghasilkan lulusan yang berjiwa usaha dan memiliki kompetensi keahlian tersertifikasi melalui pengembangan kerja sama dengan industri dan lembaga sertifikasi profesi, serta berbagai entitas bisnis yang relevan, dalam menghadapi persaingan global. Hal tersebut disesuaikan dengan tujuan SMKN 1 Karawang yang akan menjadi sekolah rujukan. "Selain itu, kami juga dengan 7 perusahaan lebih melakukan kerja sama untuk mewujudakn itu semua. Bahkan semua pihak termasuk siswa membubuhkan tanda tangan dalam sebuah banner sebagai bentuk dukungan untuk SMKN 1 Karawang untuk sekolah rujukan," ucapnya.
Dia menjelaskan, keuntungan dari sekolah rujukan adalah para siswa dan lulusanya akan memiliki sertifikat yang bisa dipergunakan untuk melamar kerja di dalam ataupun di luar negeri. Terlebih, program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah terwujud di Indonesia khususnya Kabupaten Karawang. "Selain SMKN 1 Karawang, kami juga beraliansi dengan beberapa SMK lainnya seperti Pakisjaya, Tirtajaya, dan yang lainnya. Semoga ini bisa menjadi langkah awal dalam memajukan dunia pendidikan dan mencetak generasi yang mampu bersaing di dunia tenaga kerja dan mampu menjadi seorang wirausahawan," tuturnya.
Sementara itu, Kasi SMK Disdik Provinsi Jawa Barat, Lilis Rosita mengatakan, ada 50 sekolah di Jawa Barat yang mengajukan untuk menjadi sekolah rujukan. Akan tetapi baru 3 sekolah yang tinggal menunggu SK, salah satunya adalah SMKN 1 Karawang. Pihaknya berharap, SMKN 1 Karawang bukan menjadi sekolah rujukan melainkan model sekolah rujukan. Maka dari itu, hal yang memang menjadi kekurangan bisa segera terpenuhi. "Semoga langkah ini bisa memberikan peluang bagi SMK di Jawa Barat untuk mencetak siswa yang mampu berwirausaha dan mampu bersaing didunia tenaga kerja," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template