Liburan Ekstrem Siswa SMK 3 Sukatani - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Liburan Ekstrem Siswa SMK 3 Sukatani

Liburan Ekstrem Siswa SMK 3 Sukatani

Written By Mang Raka on Jumat, 30 Desember 2016 | 15.00.00

SUKATANI,RAKA - Jika sebagian pelajar banyak menghabiskan waktu luang dengan bermain dan bersantai saat mengisi libur sekolah, namun cara yang berbeda dilakukan belasan siswa SMK Negeri 3 Sukatani, Purwakarta. Mereka isi waktu luang dengan melakukan aksi yang cukup menangtang, yaitu  memanjat tebing Gunung Parang yang terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru. Tergabung dalam ekskul Siswa Pecinta Alam (Sispala) para siswa tersebut dengan berani memanjat Tebing gunung yang memiliki ketinggian hampir 930 MDPL tersebut.
Ade Umar M.Pd, salah satu pembina ekskul Sispala SMK Negeri 3 Sukatani mengatakan, kegiatan panjat tebing sering dilakukan para peserta didik jelang akhir pekan.
"Tentunya sebelum memanjat, ada pengarahan dulu dari kami selaku pembina, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Ade, kepada Radar Karawang, Kamis (29/12), kemarin.
Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah mengarahkan para pelajar, agar memiliki sifat mandiri serta memiliki rasa kebersamaan. "Mereka dilatih agar mencintai diri serta membangun kekompakan, sebab panjat tebing ini tidak hanya memacu adrenalin, tetapi perlu kerja sama tim karena tidak bisa dilakukan sendiri. Tentunya juga cinta alam," katanya.
Ade menjelaskan, alam mengajarkan kebersahajaan, batas kekuatan dan kelemahan diri yang berujung pada kerendahan hati dan penghargaan kepada orang lain. Alam juga, kata dia, mengajarkan rasionalitas dan kejujuran bersikap, disinilah integritas pribadi tumbuh dan matang. Masih banyak sikap dan karakter handal yang bisa ditumbuhkan dengan menjadi pencinta alam seperti kerja sama. "Mencintai alam sama saja mensyukuri apa yag telah diciptahan Tuhan. Selain memanjat kami dari pihak sekolah juga mengajarkan pelajar tentang pentingnya merawat lingkungan," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template