Kisruh Pasar Cikampek 1 Berakhir di Pengadilan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kisruh Pasar Cikampek 1 Berakhir di Pengadilan

Kisruh Pasar Cikampek 1 Berakhir di Pengadilan

Written By Mang Raka on Rabu, 21 Desember 2016 | 12.30.00

-PT ALS Menang Gugatan, Pemkab Diminta Terbitkan SHGB

KARAWANG, RAKA - Kisruh Pasar Cikampek I berakhir di meja sidang Pengadilan Negeri Karawang. PT Aditya Laksana Sejahtera (ALS) selaku pengelola Pasar Cikampek I yang menggugat Pemerintah Kabupaten Karawang dan PT Celebes Natural Propertindo (CNP), menang di persidangan, pada Senin (19/12) lalu. Alhasil, pemkab didesak segera menerbitkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) atas nama PT ALS.
Pengacara PT ALS, Rudi Gunawan mengatakan, gugatan yang dimenangkan PT ALS tertuang dalam putusan persidangan Pengadilan Negeri Karawang, dengan Nomor Putusan 046/PDT/G/2016/PN-KRW. Hakim mengabulkan gugatan PT ALS untuk seluruhnya. "PT ALS adalah pemegang sertifikat hak guna bangunan Pasar Cikampek I, yang sah," tegas Rudi kepada Radar Karawang, Selasa (20/12).
Selanjutnya, tambah Rudi, dalam putusan tersebut memerintahkan kepada tergugat untuk menerbitkan sertifikat HGB Pasar Cikampek I, atas nama PT ALS. "Juga dalam putusan menyatakan tergugat 1 (pemkab) dan 2 (PT Celebes) telah melakukan perbuatan melawan hukum yang menimbulkan kerugian penggugat," jelasnya.
Direktur Utama PT ALS, drg Henny Haddade, MARS, menambahkan, putusan PN Karawang memperjelas bahwa pihaknya yang berhak menerima SHGB. Karena menurutnya, PT Celebes hanya diberikan kewenangan untuk mengelola retribusi dan parkir. "Celebes tidak punya satupun kios di Pasar Cikampek 1. Makanya yang berhak memegang SHGB adalah PT ALS," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, ada kewajiban yang belum tuntas dijalankan oleh PT Celebes. Yaitu kewajiban melunasi nilai kontrak yang tertuang dalam lelang senilai Rp 13 miliar lebih. Sementara PT Celebes baru menyetorkan uang Rp 6 miliar. "Kewajibannya juga belum tuntas. Makanya saya minta Celebes keluar dari pasar. Karena tidak berhak mengelola," ujarnya.
Sementara Kabag Hukum Pemda Karawang, Kiki Sobari, saat dikonfirmasi terkait hal tersebut terkesan tertutup. Meski demikian melalui pesan singkatnya, SHGB Pasar Cikampek I saat ini masih belum proses. "Belum diproses," tulis Kiki Sobari melalui ponselnya.
Sementara Ketua Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Bersatu (IPPTU) Cikampek I, H Deni Muchtar, menyampaikan saat ini kondisi para pedagang merasa bingung. "Kami pedagang bingung, pengadilan memenangkan PT ALS, itu artinya ALS kembali mengelola. Sementara Celebes saat ini juga masih ada di pasar, dan masih narik retribusi. Jadi ada dua pengelola," ujarnya.
Saat ini pihaknya akan melakukan rapat dengan para pedagang, khusunya para pengurus IPPTU, bagaimana langkah kedepan untuk menyikapi permasalahan tersebut. "Kami malam ini (tadi malam) mau rapat. Tapi kami minta dalam kondisi seperti ini (dua pengelola) pemda kembali turun untuk mengelola," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template