Kemenag Lepas Tangan Soal KBIH Nakal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kemenag Lepas Tangan Soal KBIH Nakal

Kemenag Lepas Tangan Soal KBIH Nakal

Written By Mang Raka on Senin, 19 Desember 2016 | 19.34.00

KARAWANG, RAKA - Masyarakat yang sudah kadung membayar ongkos haji ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) AH, tapi belum juga berangkat ke Tanah Suci, ternyata tidak 'dilirik' oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang.
Kasubag TU Kemenag Kabupaten Karawang, H Maman seolah cuci tangan. Pasalnya, dia mengklaim Kemenag sudah melakukan pengawasan secara ketat terhadap KBIH di Karawang. "Kalau soal calon jemaah haji yang tidak berangkat, itu tanggung jawab KBIH. Karena jika yang bersangkutan sudah memenuhi persyaratan, dipastikan mereka diberangkatkan," ujar Maman kepada Radar Karawang, baru-baru ini.
Adapun syarat jemaah haji diberangkatkan ke Tanah Suci, adalah terdaftar, sudah masuk daftar tunggu haji, kemudian lolos tes kesehatan dan sudah melunasi Ongkos Naik Haji (ONH). Jika ada warga yang protes karena tidak diberangkatkan tetapi sudah melakukan pelunasan, itu urusan KBIH. "Untuk syarat bisa diberangkatkan, dia telah memenuhi persyaratan diantaranya terdaftar, kemudian dari segi medis layak terbang, dan sudah melakukan pelunasan," paparnya.
Meski demikian, dia mengakui pengawasan terhadap KBIH menjadi tanggung jawab Kemenag, tetapi dia mengklaim KBIH yang ada di Karawang semuanya resmi dan legal. Sehingga tidak mungkin melakukan yang bertentangan dengan ketentuan yang ada. "Tidak ada KBIH yang ilegal di Karawang. Semuanya resmi atau legal. Jumlahnya ada 16 KBIH," ujarnya.
Berikut nama-nama KBIH yang terdaftar di Kemenag, KBIH NU Batujaya, Al-Mansyuriyah, Al Ma-Arif, At-Taubah Kaum, Al-Ittihad, Al-Madinah, Darul Fikri, Mathlaul Anwar, Annihayah, Nurusyifa, Lampu Iman, Darussalam, Al-Mawardy, An-Nida, Al-Amin dan Al-Holilliyah. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template