Kades Bingung Laporan Bangub - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Bingung Laporan Bangub

Kades Bingung Laporan Bangub

Written By Mang Raka on Jumat, 30 Desember 2016 | 14.30.00

TEMPURAN, RAKA - Seminggu terakhir sejumlah Kades bolak-balik cek dana Bantuan Gubernur (Bangub) yang tak kunjung masuk rekening. Apalagi setelah Apdesi menagih pencairan dana Rp 50 juta itu ke Biro Keuangan Pemrov Jabar pada pekan lalu.
Para kades yakin bahwa bangub akan turun pada minggu-minggu terakhir bulan Desember ini. Waktu yang sempit, membuat kades kebingungan saat membuatkan pelaporan administrasi tahun berjalan.
Kades Cikuntul Dede Gunawan mengatakan, Bangub tahun ini akan dicairkan Rp 50 juta. Berbeda di tahun-tahun sebelumnya yang selalu turun di awal Desember, sehingga pelaporan administrasinya tidak secepat tahun ini yang sangat mepet. Apalagi saat dicek ke rekening sampai Kamis (29/12) kemarin, uang tersebut justru masih belum masuk.
Padahal ajuannya sudah sejak September lalu. "Dulu awal Desember juga sudah cair, sehingga laporannya rapi juga di akhir tahun sudah tersampaikan," katanya.
Dede berandai-andai jika bangub turun hari ini (30/12), maka soal pelaporannya apakah masuk 2017 atau masih tetap 2016. Menurutnya aneh jika cair tahun anggaran 2016, pembangunan dilangsungkan 2017 dan laporannya juga 2017. Karenanya, soal pihaknya perlu arahan agar tidak ada persoalan dalam pelaporan bangub.
Penyesuaian tahun, program dan pelaksanaan harus detail tersosialisasikan. Karena, jangan sampai kades kena batunya jika salah pelaporan administrasi. "Bingung penyesuaiannya nanti, program 2016 tapi pelaksanaan dan laporannya 2017, ini bagaimana nanti LPJ-nya," ungkapnya.
Tahun ini sambung Dede, bangub cair setengahnya, termasuk dana bagi hasil (DBH), luncuran sisanya diperkirakan akan cair sekitar Maret- April 2017. Untuk bangub sisa Rp 50 juta dan DBH sisanya Rp 70 juta sesuai pagu masing-masing desa.
Dirinya berharap, setelah laporan 2016 ini rampung, pemkab dan pemprov tidak berlama-lama menurunkannya sesuai komitmen awal di bulan Maret-April. Karenanya, komitmen ini diperlukan agar kades dan perangkat desanya tidak keteteran dalam penyusunan ajuan dan pelaporan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template