Jembatan Jui Shin Bukan Milik Pribadi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Jui Shin Bukan Milik Pribadi

Jembatan Jui Shin Bukan Milik Pribadi

Written By Mang Raka on Jumat, 16 Desember 2016 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Selain menolak rencana penambangan batu kapur PT Mas Putih Belitung (MPB) di Kecamatan Pangkalan, Ketua LSM Lodaya Jabar-Banten Nace Permana juga mempersoalkan fungsi jembatan penghubung antara Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang dengan Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi yang berada di Desa Tamansari Kecamatan Pangkalan. Pasalnya, pengajuan jembatan tersebut terindikasi ada kebohongan terhadap pemerintah.

"PT. Jui Shin Indonesia mengajukan pembangunan jembatan untuk akses warga sekitar area dan akses pembangunan pabrik di Desa Bojongmangu. Tapi, lihat saja sekarang jembatan itu hanya dimanfaatkan oleh PT. Jui Shin Indonesia," kata Nace, kepada wartawan, Kamis (15/12) kemarin.
Menurut Nace, jembatan yang dibangun diatas Sungai Cibeet itu peruntukannya  untuk keperluan pembangunan pabrik dan memudahkan akses jalan warga sekitar area. Tapi, kenyataannya jembatan tersebut hanya dimanfaatkan untuk kepentingan PT. Jui Shin Indonesia. Sedangkan, di sekitar pabrik tersebut khususnya di Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi tidak ada perkampungan warga. "Harusnya pemerintah bertindak tegas atas kebohongan itu. Nyata-nata jembatan tersebut hanya digunakan oleh PT. Jui Shin," ungkapnya.
Saat ini, lanjut Nace,  jembatan tersebuthanya  menjadi akses vital bagi PT. Jui Shin Indonesia, karena seluruh pasokan bahan baku pembuatan semen dipastikan menggunakan jembatan tersebut. "Kami tidak alergi terhadap kehadiran perusahaan yang akan menanamkan modalnya. Tapi, jika ada tata cara yang di luar ketentuan, maka kami akan mempersoalkannya. Apalagi, keberadaan pabrik semen di Kabupaten Bekasi ini dipastikan akan merongrong sumber daya alam (SDA) yang ada di Karawang," papar Nace.
Menurut dia, pembangunan jembatan tersebut sangat berkaitan dengan aktivitas penambangan yang akan dilakukan pihak MPB di Kecamatan  Pangkalan. "Kami menduga banyak kebohongan atas proses perizinan serta pengajuan pembangunan jembatan. Maka, kami akan menolak penambangan kapur di Kecamatan Pangkalan, termasuk mempersoalkan fungsi jembatan yang kini sepenuhnya dipakai PT. Jui Shin Indonesia," pungkas Nace. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template