Indahnya Kebersamaan di SDN Nagasari 1 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Indahnya Kebersamaan di SDN Nagasari 1

Indahnya Kebersamaan di SDN Nagasari 1

Written By Mang Raka on Jumat, 09 Desember 2016 | 16.30.00

- Berbagai Suku dan Agama Ada di Sekolah Ini

KARAWANG, RAKA – Menjalin kekeluargaan dan saling mencintai antar sesama umat, itulah yang tengah dirasakan oleh seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nagasari 1, meski berbeda suku, agama, namun itu tidak menjadi perbedaan bagi mereka dalam menjalin persaudaraan.
Imel, salah satu siswi yang duduk di bangku kelas 6 misalnya, bagi perempuan yang memiliki wajah manis ini, mengaku meski di sekolahnya banyak siswa yang beragam agama suku dan budaya yang berbeda-beda, tapi itu tidak membuat perempuan yang memeluk agama Kristen ini berbeda dengan siswa lainnya. “Seneng aja sekolah di sini, karena semuanya berbaur walaupun berbeda agama, ada yang dari Batak, Budha, Islam dan Kristen tapi kami tetap bermain bersama di sekolah,” katanya.
Hal serupa juga disampikan Annisa, salah satu siswi pemeluk agama Islam ini juga mengaku senang dan bangga bisa sekolah di SDN Nagasari 1. Karena selain teman-temannya baik, mereka juga saling mengerti jika temannya tengah dilanda musibah. “Anak-anaknya baik-baik semua, terus tidak ada perbedaan di sini, semuanya disamakan,” tuturnya.
Tak mau kalah, siswa lainnya, Esa juga angkat bicara, bagi perempuan yang memeluk agama Budha ini juga menyampaikan, jika pada saat hari perayaan agama, mereka masing-masing tidak pernah ada yang membeda-bedakan. Semua siswa ikut memberikan selamat dan salam jika pada hari perayaan tersebut. “Selain anak-anaknya asik dan seneng, guru-guru disini juga saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain, gurunya juga bisa memberikan contoh yang baik jadi seneng aja kalau di sini,” akunya.
Sementara salah satu guru, Efelina Siahaan S.Pd menyampaikan, jika tengah berada di sekolah maupun diluar sekolah, anak-anak tetap memiliki jiwa kekeluargaan yang baik meski berbeda agama. Karena sifat kekeluargaan saling menghargai dan menghormati selalu diberikan diberikan kepada seluruh siswa di sekolah. “Sebagai gurunya di sekolah kita juga harus memberikan contoh yang baik buat mereka, kalau disini tidak ada perbedaan meskipun perbedaan lagi ngetren-ngetrennya di dunia, kita harus bisa memberikan contoh yang baik buat mereka, inilah kita yang selalu bersatu meski banyak berbedaan,” ungkapnya.
Kepala SDN Nagasari I, Maman Rakhman S.Pd mengatakan, jika perbedaanlah yang menyatukan semua siswa di sekolah. Tak hanya itu, bahkan dalam setiap mata pelajaran agama yang berbeda mereka juga dibimbing oleh guru yang sesuai dengan agama mereka masing-masing. “Kalau lagi pelajaran agama yang Islam di masjid, Kristen di ruangan sekolah yang Budha di perpustakaan, semuanya sudah dipersiapakan seperti masing-masing guru agama yang berbeda juga,” ungkapnya.
Bahkan, pada saat peraayaan, uniknya orantgua siswa maupun siswa selalu mendukung satu sama lain dengan saling menghargai dan menghormati. “Kalau lagi ada perayaan agama, kita juga terbuka karena semuanya sudah saling mengahrgai anatar satu sama lain,” ucapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template