Harga Cabai Tembus Angka Rp 70 Ribu/kg - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Cabai Tembus Angka Rp 70 Ribu/kg

Harga Cabai Tembus Angka Rp 70 Ribu/kg

Written By Mang Raka on Selasa, 27 Desember 2016 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Harga  cabai rawit kembali  meroket setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan hingga Rp 55 ribu/kg, sejak kemarin, naik lagi menjadi Rp 70 ribu/kg. Kenaikan harga tersebut ditengarai akibat minimnya pasokan ke sejumlah pedagang di Pasar Karawang.

"Kemarin sebelum natal harganya masih dikisaran Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu perkilogram. Tetapi tadi (kemarin), saya belanja harga di pasar induk sudah berubah, sekarang harganya jadi Rp 70 ribu perkilogram," ujar Taman (32) pedagang cabai Pasar Baru Karaang, Senin (26/12).
Dikatakan Taman, minimnya pasokan tersebut dikarenakan curah hujan masih cukup tinggi di beberapa daerah penghasil cabai. Dampaknya, pasokan menjadi sangat terbatas  khususnya  di pasar induk Cikopo  Purwakarta. "Kalau hujan memang susah stoknya di Pasar Induk Cikopo sedikit, karena memang banyak petani gagal panen kalau hujan seperti ini," terang Taman menyebutkan nama pasar dimana pemasok cabai di sejumlah pasar tradisional Karawang.
Selain cabai rawit, terang Taman, cabai keriting dan cabai merah juga ikut naik meskipun tidak terlalu signifikan. Cabai keriting sebelumnya  Rp 50 ribu perkilogram naik menjadi Rp 55 ribu perkilogram. Kemudian cabai merah dari Rp 42 ribu  menjadi Rp 48 ribu perkilogram. "Harga juga tergantung pasokan dari petaninya. Biasanya kalau sudah tidak musim hujan, kemungkinan harga akan kembali turun," jelas Taman, seraya mengambahkan kenaikan bukan hanya pada komoditi sayuran, akan tetapi juga pada sejumlah bahan pokok lainnya seperti minyak sayur dan gula pasir. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template