Hama Wereng Coklat Serang Rawamerta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hama Wereng Coklat Serang Rawamerta

Hama Wereng Coklat Serang Rawamerta

Written By Mang Raka on Sabtu, 10 Desember 2016 | 16.30.00

-Dinas Pertanian Gelar Semprot Massal

RAWAMERTA, RAKA - Antisipasi penyebaran hama mulai digalakkan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian Kecamatan Rawamerta dengan melaunching program penyemprotan masal pada 20 hektare area pesawahan Desa Mekarjaya.
Kepala UPTD Pertanian Rawamerta Dudu Syaprudin mengatakan program gerakan pengendalian Wereng Batang Coklat (WBC) mulai dilaksanakan mengingat teriakan petani terkait dengan kondisi pertanian di Kecamatan Rawamerta dalam ancaman hama. Langkah awal penyemprotan masal menjadi pintu masuk membasmi hama Wereng Batang Coklat (WBC). "Kami selaku UPTD berkoordinasi dengan Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), BP3K, dan semua yang terlibat dengan masalah pertanian," katanya kepada Radar Karawang, Jum'at (9/12) kemarin.
Adapun semua yang terlibat dengan element pertanian, Sambung Dudu, UPTD mengagendakan untuk melaksanakan gerakan pengendalian penyemprotan secara masal untuk mengawali kegiatan ini. Pertama dimulai dari Desa Mekarjaya seluas 20 Hektar yang dihadiri berbagai elemen termasuk Babinsa, dan juga direspon baik kelompok tani. "Mereka menganggap bahwa kegiatan ini luar biasa," tambahnya.
Ia melanjutkan, dengan program launching penyemprotan masal diharapkan dapat memotivasi petani yang tersebar di Kecamatan Rawamerta. Mengingat penyebaran populasi hama ini harus sudah mulai diwaspadai, khususnya ancaman wereng yang populasinya dinilai cukup tinggi. "Dari populasi terendah 12 ekor perumpun, sampai dengan 38 ekor perumpun," ujarnya.
Situasi ini tentunya akan mengganggu dan mengancam terhadap kelangsungan kondisi petani, sehingga kegiatan ini akan terus dijalankan kelompok-kelompok tani atau di desa-desa se-wilayah Kecamatan Rawamerta.
Program penyemprotan masal ini UPTD Pertanian Rawamerta dibantu oleh Dinas pertanian Kabupaten Karawang sengaja membantu penyediaan insektisida dan obat-obatan yang dibutuhkan petani untuk membasmi hama. "Alhamdulillah kegiatan ini juga di dukung oleh dinas terkait dengan pengadaan insektisida atau obat-obatan yang kaitan dengan peyemprotan masal ini," ucapnya.
Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Siti Suhaebah Amaliah SP menambahkan launching program pengendalian WBC yang diawali di Desa Mekarjaya merupakan cara yang cukup efektif dan tepat sasaran. Mengingat hama WBC menjadi keluhan utama petani di musim ini. "Mudah-mudahan dinas tidak bosan membantu dan mendorong kegiatan ini, sampai keluhan petani tidak terdengar lagi," harap dia. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template