Gus Hasan Pimpin NU Jabar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gus Hasan Pimpin NU Jabar

Gus Hasan Pimpin NU Jabar

Written By Mang Raka on Senin, 19 Desember 2016 | 19.35.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Pengasuh Pondok Pesantren Ashidiqiyah 3 Cilamaya, KH Hasan Nuri Hidayatullah resmi jadi Pimpinan Wilayah Nahdlatul ulama (PWNU) Jawa Barat, Sabtu (17/12) kemarin.
Gus Hasan sapaan akrabnya, resmi dikukuhkan kepengurusannya yang berjumlah 141 orang, langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dan Rois Aam PBNU KH Makruf Amin, di halaman Pesantren Ashidiqiyah 3 Cilamaya, di Desa Sukatani, Kecamatan Cilamaya Wetan.
Dalam sambutannya, Gus Hasan mengucapkan terima kasih kesedian Ketua Umum PBNU dan Rois Aam melantik dirinya bersama pengurus yang terdiri dari Syuriah, Mustasyar dan Tanfidziyah. Dirinya juga mengapresiasi kehadiran mantan ketua PWNU sebelumnya di tiga periode. Karena ini menjadi modal dan spirit baru menyelesaikan tugas-tugas keumatan yang akan dihadapi selama 5 tahun mendatang.
Ia tegaskan, ulama memiliki kedudukan mulia, karena perannya menjadi mata rantai pewaris nabi. Menurutnya peningkatan keilmuan di internal organisasi ini harus digalakan kembali. Seperti Lailatul Ijtima, Bahstul Masaail dan penguatan Ruhiyah seperti istighosah, Majelis Dzikir dan Thoriqoh. "Tantangan soliditas pengurus kedepan bisa diukur, sejauh mana keaktifannya sesuai garapan dan bidangnya masing-masing," ujarnya.
Gus Hasan menambahkan, sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar, Jawa Barat kedepan akan menghadapi tantangan besar soal keumatan dan kebangsaan. Maka penguatan kajian persoalan, bisa dipecahkan dengan bijak dan arif. Ia berkomitmen melakukan konsolidasi organisasi yang akan rutin dilakukannya, salah satunya kunjungan ke tingkat-tingkat cabang di seluruh pelosok kabupaten di Jawa Barat. "Sekurang-kurangnya, 2 minggu 1 kali," ujarnya.
Dengan demikian, kata Gus Hasan, maka persoalan di masing-masing PC diharapkan bisa tereskplorasi. Ditambahkan Gus Hasan, Bagaimana meredam provokasi dan radikalisme yang rentan memecah kebhinekan, yang muaranya pada disintegrasi antar umat kedepan. Maka dalam konteks NU, ia sarankan ke semua pimpinan cabang agar selau menanamkan semangat-semangat pesantren. "NU lahir dari pesantren. Kita berkomitem menjadikan Jabar sebagai provinsi ahlussunnah wal jamaah, kedepan mari kita tanamkan semangat pesantren," ajaknya.
Ketua Umum PBNU Prof KH Said Aqil Siradj berharap NU Jawa Barat bisa semakin maju, dengan semangat-semangat yang visioner.  "Selamat dan sukses kepada pengurus baru. Saya yakin Gus Hasan bisa membawa gerbong NU Jawa Barat lebih baik lagi," ucapnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template