Guru PNS SMA Makin Mudah Pindah ke Luar Kota - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru PNS SMA Makin Mudah Pindah ke Luar Kota

Guru PNS SMA Makin Mudah Pindah ke Luar Kota

Written By Mang Raka on Jumat, 23 Desember 2016 | 15.00.00

TEMPURAN, RAKA - Peralihan kewenangan SMA/SMK ke provinsi disambut pemangku pendidikan utamanya Gurug PNS yang selama ini sulit mendapat mutasi perpindahan lintas kabupaten/kota. Pasalnya, selain banyak hambatan, proses perizinan antar BKD kabupaten dan provinsi juga menelan waktu yang lama.
Kepala SMAN 1 Tempuran, Dudy Mulyadi SY mengatakan, para guru PNS daerah yang selama ini mengantongi tugas sejak 2001 dimana kewenangan SMA kala itu diambil alih kabupaten, akan kembali menjadi PNS Provinsi. SK itu sudah turun tertanggal 1 Oktober lalu. Kamis (22/12) ini, merupakan batas akhir penyerahan semua berkas SMA ke provinsi, baik penyangkut validasi data PNS dan honorer, maupun penggajian dan lainnya. Sebab, tertanggal 9 Januari dimana dalam titi mangsa merupakan tanggal pertama masuk sekolah semester 2, semua SMA/SMK mulai menjadi wewenang provinsi dibawah kendali Unit Pelayanan Teknis (UPT) Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi Kota dan Kabupaten Bekasi dengan 2 orang pengawas.
Semoga saja, peralihan kembali ke provinsi seperti sebelum tahun 2001 lalu, membuat administrasi dan kelancaran keuangan bisa kembali tertata dengan baik. "Deadline berkas untuk peralihan itu hari ini Kamis (21/12), tinggal nanti mulai semester II menjadi wewenang Provinsi segala sesuatunya," kata dia.
Mantan Kepala SMAN 1 Rawamerta ini menambahkan, selama ini, guru PNS asal luar Karawang banyak yang bertugas di Karawang. Saat ingin mutasi perpindahan ke kota asalnya, karena wewenang SMA masih di kabupaten, sulitnya selalu memangkas hak-hak kepegawaianya. Betapa tidak, izin pindah luar kabupaten saja, menelan waktu hingga bertahun-tahun, sebab, selain harus mengantongi izin lolos butuh setelah dari kepsek dan Dikmen, guru PNS juga harus meminta persetujuan BKD Karawang, BKD Provinsi dan BKD tujuan mutasi perpindahannya, bahkan sampai ke Dinas Pendidikan tujuan kabupaten/kota mutasi.
Tapi saat ini, jika guru PNS asal luar Karawang yang hendak kembali ingin bertugas keluar, birokrasinya bisa lebih mudah dan cepat. Wajar saja, jika nanti Sebut, akan banyak PNS guru luar Karawang izin mutasi keluar kota asalnya, atau guru PNS asal Karawang di luar kota kembali ke Karawang. "Lolos butuh dan perizinan ke BKD saja lama kalau dulu, nah kalau ke provinsi, bisa lebih cepat," sambung dia.
Semenjak SMA dibawah kendali kabupaten, sebutnya, banyak hal yang kurang tepat waktu. Seperti misalnya, pencairan bantuan operasional dan administrasi. Diharapkan, peralihan ke provinsi bisa memperbaiki apa yang kurang. Karena, ada dua hal yang masih menjadi kekhawatiran SMA di Karawang saat ini. Pertama, apakah honor akan tepat waktu? dan
apakah tanggungjawab kabupaten soal honorarium seperti PMMS SMA Negeri dan swasta se Karawang masih akan ada? Selebihnya bagi dirinya peralihan ini akan membawa dampak positif yang lebih baik. "Apakah provinsi akan tertib mencairkan operasional sekolah, dan apakah kabupaten akan tetap berikan PMMS? Itu saja yang masih ingin ada kepastian dari kami," kata dia. (rud)


Prosedur Mutasi Guru PNS SMA ke Luar Kota:

1. Permohonan mutasi pada Kepsek dan Kadisdik.
2. Kepsek keluarkan lolos butuh (3 bulan) dan diketahui Pengawas.
3. Disampaikan ke Bag Pegawaian Disdik dan ditandatangani Kadisdik atas izin Dikmen.
4. Izin ke BKD Kabupaten
5. Izin Ke BKD Provinsi
6. Izin Ke kabupaten tujuan.
7. Jika tidak keluar izin, maka izin ke dinas kabupaten yang dituju hingga kepala sekolah yang dituju. (Prosesnya bertahun-tahun).
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template