Eceng Gondok Robohkan Jembatan Bambu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Eceng Gondok Robohkan Jembatan Bambu

Eceng Gondok Robohkan Jembatan Bambu

Written By Mang Raka on Jumat, 30 Desember 2016 | 12.30.00

JAYAKERTA, RAKA - Jembatan bambu di Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta hancur tak kuat menahan tumpukan eceng gondok yang terbawa arus. Akibatnya, petani kesulitan untuk ke sawah karena harus memutar arah untuk menyeberangi irigasi.
Warga Dusun Sukajaya 2, Desa Kemiri, Mumuh (42) mengatakan, penyumbatan eceng gondok dinilai sering terjadi beberapa hari terakhir. Pasalnya, sejak 5 hari kemarin,  eceng gondok terus memadati aliran irigasi di daerahnya. Akibatnya, sarana penyeberangan satu-satunya milik petani harus ikut hanyut karena tidak kuat menahan banyaknya eceng gondok tersangkut di jembatan. "Jembatan bambu ini satu-satunya jalan untuk petani menyeberang, mau gak mau kita benahi dari sekarang. Tapi kalau eceng gondoknya terus menumpuk seperti ini, kayanya usaha kami akan sia-sia saja," kata dia.
Ketua RT Dusun Sukajaya 2, Sarta menambahkan, penyumbatan eceng gondok ini akibat dari hulu sungai Rengasdengklok kurang mendapat perhatian, kalau saja eceng gondok ini diangkat dan dibersihkan, mungkin jembatan ini tidak akan roboh. Kalau terus seperti ini, jembatan-jembatan lain pun akan ikut terkena dampaknya. Untuk itu, ia meminta kepada pihak PJT dan pengairan untuk lebih perhatian lagi terhadap warga, jangan sampai ada pembiaran yang bisa mengakibatkan warga berteriak. "Mungkin kalau eceng gondok ini di angkat tidak akan seperti ini kejadiannya," keluhnya.
Kepala Desa Kemiri Ita, yang turun langsung membantu masyarakat membenarkan. Ini akibat terlalu banyaknya eceng gondok yang menjadi penyebab utamanya. "Ketika eceng gondok mentok di jembatan, di hulunya hanya biarkan mengalir saja tidak sampai diangkat, ya begini inilah akibatnya. Masyarakat hilir yang akan repot," pungkasnya. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template