Ditabrak Tongkang di Laut Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Ditabrak Tongkang di Laut Karawang

Ditabrak Tongkang di Laut Karawang

Written By Mang Raka on Selasa, 06 Desember 2016 | 13.00.00

72 Jam 3 Nelayan Belum Ditemukan

KARAWANG, RAKA - Sudah 72 jam sejak kecelakaan laut antara kapal tongkang dengan perahu nelayan terjadi di empat kilometer utara dari pengeboran minyak Pertamina di Perairan Karawang, sekitar pukul 22.00 WIB, Jumat (2/12),‎ tiga nelayan yang menumpangi perahu itu terseret arus dan belum ditemukan hingga Senin (5/12) malam.
‎"Sampai saat ini Satuan Polisi Air Polres Karawang masih stand by dengan Basarnas," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri ‎Kombes Martinus Sitompul melalui keterangan yang diterima.
Martinus menjelaskan, saat peristiwa, kapal tongkang melaju tanpa membawa muatan. Belum diketahui kronologi kecelakaan itu. Tapi kapal tongkang mengakibatkan perahu jenis Kapal Jaring Rampus itu terhempas di laut. "Ada tujuh nelayan di atas perahu itu. Saat kejadian, tiga nelayan, Amir (30),‎ Panji (27),‎ dan Suwarsono (30) berhasil menyelamatkan diri," kata Martinus.
Dia‎ melanjutkan, tak lama dari kecelakaan itu, Basarnas langsung mendatangi lokasi kejadian dan berkordinasi dengan polisi. Menurut keterangan saksi, ada empat temannya yang tidak bisa menyelamatkan diri. Mereka adalah Rasyidin (35), Tomas (30), Drama (20), dan Andi (17). Lebih lanjut, kata dia, saat itu cuaca tidak mendukung untuk menggelar operasi pencarian terhadap korban. Kapal yang digunakan Basarnas dan polisi pun berkapasitas kecil‎. Sehingga, operasi pencarian dihentikan sementara. ‎"Kami akhirnya menunggu bantuan kapal dari Polisi Air Polda Jawa Barat dan Basarnas yang memadai guna melakukan pencarian korban," terang dia.
Sehari berselang, operasi pencarian dengan personel tambahan dilanjutkan kembali. ‎Martinus menuturkan, satu korban nelayan bernama Andi ditemukan. "Saat ini telah ditemukan satu korban lagi atas nama Andi (selamat), tertolong oleh kapal cumi," jelasnya.
Sementara itu, tiga nelayan lainnya belum diketahui keberadaannya. Martinus menegaskan, tim gabungan masih menyisir perairan Kabupaten Karawang. "Sekarang, semua korban yang selamat sudah dipulangkan ke keluarganya di Muara Angke, Jakarta Utara. Sedangkan korban lainnya, masih dalam pencarian," tandas Martinus.
Humas dan Protokoler Basarnas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, mengatakan, tim SAR Gabungan melakukan pencarian di sejumlah titik dan lokasi. Hal itu sesuai pemetaan yang dilakukan tim Basarnas Jabar. "Dengan hasil perhitungan SAR Map Prediction, pencarian awal dilakukan pada beberapa titik koordinat," kata Joshua.
Pencarian, kata Joshua, melibatkan personel basarnas Kantor SAR Bandung, Direktorat Polair Polda Jabar, dan nelayan setempat. Proses pencarian dilakukan dengan cara membagi tim ke titik-titik koordinat yang telah ditentukan. "Peralatan yang digunakan seperti kapal penyelamat, kapal nelayan, Peralatan SAR Water Rescue, dan lainnya," kata Joshua. (mg4/jp/tr/psn)


Pencarian 3 Nelayan

Lokasi tabrakan
Empat kilometer arah utara dari pengeboran minyak Pertamina di Perairan Karawang

Jumat (2/12)
Pukul 22.00 WIB
Kapal Tongkang menabrak perahu nelayan
Minggu (4/12)
Pukul 09.00 WIB
Kantor SAR Bandung mendapat laporan dari nelayan setempat
Pukul 09.30 WIB
Tim rescue diberangkatkan ke lokasi kejadian
Pukul 17.20 WIB
Tim rescue melakukan kordinas dengan Polair Karawang
Senin (5/12)
Pukul 07.00 WIB
Seorang korban, Andi (17) berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.
Andi dievakuasi ke Muara Angke, Jakarta Utara
Pukul 17.00 WIB
Pencarian dihentikan sementara karena terkendala cuaca

Peralatan yang Digunakan
Kapal penyelamat, kapal nelayan, peralatan SAR Water Rescue

Tim Pencarian
Basarnas
Satpol Air Polda Jabar
Polda Metro Jaya
Kodim O604 Karawang
Pokmas Karawang
Nelayan setempat


Nelayan yang Selamat
Amir (30)
Warsono (30)
Panji (27)
Andi (17)
Belum Ditemukan
Rasidi (35)
Thomas (30)
Sarka (20)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template