Dana Aspirasi Anggota Dewan Rp 5 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Aspirasi Anggota Dewan Rp 5 Miliar

Dana Aspirasi Anggota Dewan Rp 5 Miliar

Written By Mang Raka on Selasa, 27 Desember 2016 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Meski usulan dana aspirasi mendapat penolakan dari berbagai pihak, termasuk elit pemerintahan, Pemkab Karawang tetap merealisasikannya. Bahkan, dana aspirasi untuk satu anggota DPRD Karawang tahun 2017 diganjar Rp 5 miliar (4 Miliar penunjukkan langsung (PL) dan 1 M harus lewat LPSE).

“Untuk dana aspirasi atau pokok-pokok pikiran anggota DPRD sebesar Rp 5 miliar, hal itu akan kita mapping dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Bahkan semua anggota DPRD sepakat jika Rp 1 miliar melalui lelang pengadaan sistem elektronik( LPSE),” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Teddy Rusfendi, Senin (26/12).
Menurut Teddy,  dana aspirasi tersebut merupakan pokok-pokok pikiran dari hasil reses dan usulannya sudah jauh-jauh hari sebelum penyusunan APBD 2017. “Aspirasi dari anggota dewan itu tidak mengganggu RPJMD, bahkan kita dorong agar mempercepat RPJMD,” kata Sekda.
Teddy menjelaskan, pengalokasian dana aspirasi tersebut tidak melanggar hukum. Sebab, dana aspirasi tersebut mengacu pada UU 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Sebab dalam UU tersebut menyebutkan,  pemerintahan itu adalah pemerintah dan DPRD,  berbeda dengan DPR RI yang murni sebagai legislatif. “DPRD itu satu kesatuan dengan pemerintah,” ungkapnya.
Oleh karena itu, lanjut Teddy,  dimungkinkan pokok-pokok pikiran dari hasil reses anggota dewan itu masuk dalam ranah anggaran yang menjadi program. Bahkan dinyatakan juga dalam PP 20 tahun 2001 tentang pembinaan dan penyelenggaraan pemerintah daerah. Selain itu, lanjut Teddy, pihaknya juga merencanakan akan membuat e planning agar anggota dewan tidak bicara nilai uang, tapi bicara program yang dimasukan DPRD di salah satu dinas. “Maka bingkai RPJMD itu melalui musrembang dan kemampuan fiscal untuk jadi APBD,” katanya.
Terkait  adanya perbedaan dana aspirasi anggota DPRD dengan unsur pimpinan dewan, Teddy menyampaikan jika tidak ada perbedaan, sekalipun ada itu kemungkinan karena adanya kedekatan unsur pimpinan dengan kepala dinas saja. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template