BKM Kotaku Terbentuk di Klari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BKM Kotaku Terbentuk di Klari

BKM Kotaku Terbentuk di Klari

Written By Mang Raka on Kamis, 08 Desember 2016 | 16.30.00

*Formasi BKM Tetap 9 Anggota

KLARI, RAKA – Pembentukan Anggota Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dalam menjalankan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di wilayah Desa Duren, Kecamatan Klari, dilakukan dengan cara pemilihan yang menyerupai pemilu. Dari 13 bakal Calon anggota BKM periode 2016 hingga 2019 kedepan, hanya 9 calon anggota yang nantinya akan menjadi anggota BKM periode mendatang untuk menjalankan program tersebut di wilayah desa itu.

Fasilitator Program Kota Tanpa Kumuh Kecamatan Klari, Budi Hartono menyampaikan, selama ini pemilihan anggota BKM memang dilakukan dengan cara pemilihan yang dicalonkannya. Karena program kotaku merupakan peralihan nama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) sebelumnya. “Memang dari dulu untuk memilih bakal calon anggota BKM yang sebelumnya bernama PNPM dan kini berubah nama menjadi Kotaku, bakal calon yang dibutuhkan hanya 9 orang saja,” terangnya, kepada Radar Karawang, Rabu (7/12).
Budi melanjutkan, pemilihan tersebut didapatkan dari rekomendasi para peserta minggon yang menghadiri rapat tersebut. Hal itu didapatkan 13 calon anggota yang sesuai kiteria persyaratan untuk dapat menjadi anggota di periode 2016 hingga 2019 mendatang. “Semua peserta minggon memang mereka calon semua, tapi ada rekomendasi 13 orang yang layak, dikarenakan ketentuan sebelumnya hanya butuh 9 orang maka, mulai dari suara terbanyak hingga  9 terendah dapat menjadi calon nantinya,” paparnya.
Bahkan, menurutnya, setelah dilakukan pemilihan Calon Anggota BKM di periode tersebut. Hal itu dilakukan pemilihan tahap dua, dengan menentukan kordinator anggota BKM di wilayah Desa Duren. Sehingga, pemilihan dilakukan dua kali. “Nanti 9 orang ini, akan di pilih lagi menjadi kordinator dengan prasarat yang ada,” ujarnya.
Karena, dalam menjalankan program KOTAKU selama periode 2016 hingga 2019 mendatang. Harus dapat memenuhi persyaratan yang sudah disesuaikan. “Kita Ada kriteria anggota yang harus dipenuhi, yaitu calon harus asli warga Desa Duren atau ber KTP Desa Duren, memiliki sikap baik, ramah, adil dan jujur dan yang terpenting  mesti banyak waktu untuk dicurahkan dalam melaksanakan program,” ucapnya.
Hal senada disampaikan Neneng calon terkuat yang menduduki posisi pertama dari pemilihan tersebut. Kesiapan dalam menjalankan program Kotaku akan dilakukannya dengan maksimal. Hal itu dikarenakan banyaknya peserta yang mempercayainya. “Saya siap untuk dapat menjalankan kinerja secara maksimal, karena sudah diamanatkan oleh seluruh peserta minggon desa, dimana seluruh RT dan Dusun hadir,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template