Biar Siswa Tidak Suka Teler, Buat Satgas Anti Narkoba - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Biar Siswa Tidak Suka Teler, Buat Satgas Anti Narkoba

Biar Siswa Tidak Suka Teler, Buat Satgas Anti Narkoba

Written By Mang Raka on Jumat, 02 Desember 2016 | 14.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Budaya teler di kalangan pelajar, kini bukan hal aneh lagi. Meski demikian, sejumlah upaya kini dilakukan, baik oleh pihak sekolah. Maupun pihak lainnya.
Belakangan, kampanye anti narkoba terus dilakukan guna menekan penyalahgunaan obat-obatan terlarang di kalangan pelajar. Kemarin, SMAN 1 Lemahabang membentuk aatuan tugas (satgas) pelajar anti narkoba. Anggotanya 30 siswa. Pembentukan satgas tersebut difasilitasi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang.
Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 1 Lemahabang Adi Nugraha SPd mengatakan, pembentukan Satgas Pelajar Anti Narkoba di sekolahnya tidak cuma-cuma, karena selain diinisasi pihak sekolah, juga sebagai tindak lanjut penyuluhan dan aksi pencegahan narkoba.
Peran BNNK Karawang ini dinilainya membantu mendeteksi dini indikasi penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. Di Karawang, satgas anti narkoba baru dibentuk SMAN 1 Lemahabang. Mereka sebut Adi, akan bertugas mengingatkan, melaporkan dan memberikan pembinaan, bahkan jauhnya merehabilitasi teman dan rekan pelajar lainnya yang kedapatan menggunakan barang haram tersebut.
Disamping menjadi wujud konsep sekolah aman yang anti narkoba, anti tawuran dan anti prostitusi. "30 siswa sebagai wakil warga dari siswa lainnya ini yang akan di-update pengetahuan narkoba dan menyosialisasikannya di sekolah," lanjutnya.
Mewakili Kepala BNNK Karawang, Puspita Wulansari SH mengatakan, pembentukan satgas pelajar anti narkoba ini merupakan bagian dari program BNNK. Sebenarnya, sudah puluhan sekolah memiliki satgas pelajar ini dari program, namun kalau dari sekolah yang menggelar melalui programnya sendiri adalah SMAN 1 Lemahabang yang sudah membentuk 25 orang satgas.
Mereka sebut Wulan, Menjadi kepanjangan lidah dari BNNK Karawang yang melakukan sosialisasi rutin di sekolah. Selanjutnya, para anggota satgas ini membuat rencana tindak lanjut setelah dilatih sebagai kader.
Kepala SMAN 1 Lemahabang Hj Lilis Saidah SPd mengatakan, pembentukan satgas pelajar anti narkoba yang dikerjasamakan dengan BNNK ini, bukanlah didasari dengan maraknya narkoba dan penyalahgunaan obat di sekolah yang dipimpinannya, namun lebih pada antisipasi untuk mewujudkan konsep sekolah yang benar-benar aman, baik narkoba, tawuran maupun prostitusi.
Karena, peran dan tanggungjawab pencegahan kenakalan pelajar, bukan saja dibebankan kepada sekolah, tapi sesuai dengan Trimitra pendidikan, dimana orangtua dan lingkungan ikut andil bertanggungjawab memeliharanya. Di sekolah sebut Lilis, pihaknya wujudkan dengan pembentukan satgas ini sebagai upaya saling dukung untuk pencegahan narkoba di kalangan pelajar. "Yang terpenting bagi kita itu menjalankan Trimitra saja, dimana pencegahan segala bentuk kenakalan remaja adalah tanggungjawab bersama, baik sekolah, orangtua maupun lingkungan," tutupnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template