Belajar Bertahan Hidup di Hutan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Belajar Bertahan Hidup di Hutan

Belajar Bertahan Hidup di Hutan

Written By Mang Raka on Selasa, 06 Desember 2016 | 15.00.00

- Anggota Pramuka Cakrabuana Berkemah di Cijalu

KARAWANG, RAKA – Dua puluh anggota pramuka Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Klari mengikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) sekaligus pelantikan Bantara plus pengukuhan Laksana baru yang diselenggarakan di halaman perkebunan Cijalu Wanayasa kemarin.
Pembina sekaligus pelatih pramuka SMAN 2 Klari, Dedi Mulyadi S.Sos.I mengatakan, tercatat ada sebanyak 20 siswa Laksana yang ikut dalam pelatihan serta pelantikan kemarin. Baginya, meskipun kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan, diharapkan mampu menjadi salah satu kegiatan yang bisa terus berjalan setiap tahun. Karena bagimanapun, kata dia, pengembangan dan pembelajaran untuk siswa merupakan suatu tugas sekolah. “Alhamdulilah, semua siswa anggota pramuka bisa hadir dan ikut dalam kegiatan kemarin, seru dan banyak pengalaman serta pembelajaran yang didapat,” ungkapnya.
Dia menjelaskan, untuk materi yang diberikan tentang pemahaman kepramukaan, survival, sarimba dan banyak lagi materi lainnya. Bahkan, ada beberapa permaianan hiburan yang bisa merangsang siswa untuk melatih tentang kebersamaan dan kepedulian antar sesama, agar terjalin kekeluargaan yang kuat di pramuka. “Ada outbond, sarimba, makan bersama dan bertahan hidup bersama selama 3 hari di sana,” tuturnya.
Dia menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut ialah untuk memupuk mental siswa dalam memadai kepramukaan. Kedepan mereka juga nantinya akan menjadi salah satu anggota pramuka yang handal yang bisa mengabdikan dirinya hanya untuk masyaraat bangsa dan negara. “Semua siswa pramuka harus mempunyai mental yang kuat dan mampu bertahan hidup di alam yang terbuka, serta menanam rasa kepedulian terhadap antar sesama,” ungkapnya.
Sementara Kepala SMAN 2 Klari Drs H Unang Suryawan M.Pd berharap, bahwa dengan adanya kegiatan tersebut, bisa membuktikan bahwa sekolah akan terus memfasilitasi kebutuhan siswa semaksimal mungkin. Meskipun sekolah yang baru lahir selama 3 tahun dan belum mempunyai gedung sendiri, itu tidak menjadi kendala untuk pengembangan siswa. “Kami berharap, pramuka Cakrabuana dan semua siswa bisa menjadi pemimpin dan siswa yang berprestasi yang bisa membanggakan orangtua sekolah dan menjadi kebanggaan orang banyak, meskipun hanya fasilitas seadanya itu tidak menurunkan semangat siswa untuk terus berprestasi dalam segala bidang terutama dalam pengembangan kemapuan mereka, saya akan terus mendukungnya,” harapnya.
Salah satu siswa calon Laksana anggota pramuka SMAN 2 Klari, Putri Dika Rustika, mengaku senang dan bangga setelah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan 3 hari kemarin. Karena bagi perempuan yang memiliki wajah manis ini, banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat. “Seneng dan seru tentunya bisa kumpul bareng bersama temen, sekaligus refresing di luar sekolah, sama banyak deh pelajarannya,” ungkapnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template