Asyik, 1498 Pendamping PKH Dapat Uang DP Motor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Asyik, 1498 Pendamping PKH Dapat Uang DP Motor

Asyik, 1498 Pendamping PKH Dapat Uang DP Motor

Written By Mang Raka on Kamis, 01 Desember 2016 | 18.08.00

TELAGASARI, RAKA - Selain penyuluh pertanian di lingkungan BP4K yang diberikan uang muka pembelian sepeda motor dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp 5 juta, giliran 148 pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) mendapatkan hal serupa. Menunjang kinerja untuk verifikasi dan validasi kepesertaan PKH di desa-desa, 139 pendamping dan 9 operator PKH diantaranya diberikan kemudahan memilih jenis motor yang diinginkannya.
Pendamping PKH Kecamatan Telagasari, Ida mengatakan, Pemrov mendrop bantuan uang muka untuk pembelian sepeda motor bagi 148 pendamping PKH berupa unit barangnya sesuai selera dengan besaran DP Rp 4 juta saja. Dari ke 148 pendamping PKH yang menerima itu 9 diantaranya adalah operator. Namun, tidak semua pendamping mendapatkan DP sepeda motor ini, sebab yang terjatah hanyalah pendamping dari mulai angkatan 2007 sampai 2014 saja, itu bukan saja pendamping dari Karawang, melainkan semua kabupaten/kota di Jawa Barat yang kebetulan merk sepeda motornya sudah ditentukan Pemprov.
Selebihnya sebut Ida, angsuran kreditnya disesuaikan dengan jenis motor yang dimintanya, bisa yang Rp 600 ribu perbulan atau juga yang mahal bisa Rp 1,2 jutaan perbulannya. "Diberi unit sepeda motor saja dengan DP Rp 4 juta, tapi khusus pendamping PKH angkatan 2007-2014 saja, sisanya ya kredit ditanggung pendamping juga," kata dia.
Lebih jauh Ida menambahkan, pemberian bantuan ini sudah berlangsung sebulan terakhir, beberapa diantaranya unit motor sudah turun, meskipun masih ada yang inden. Yang jelas, DP Rp 4 juta ini sedikit banyaknya membantu program pendampingan, utamanya ada saat verifikasi dan validasi. Meskipun demikian, urusan pertanggungjawaban tetap harus dilaporkan terutama mengenai jenis motor dan skema pembiayaannya. Tinggal selebihnya, pembayaran kredit ini bisa disetorkan ke bank yang sudah ditunjuk Pemprov. "Urusan angsuran tergantung kesanggupan kita, pembayarannya langsung ke bank yang ditunjuk," kata dia.
Pendamping PKH Kecamatan Cilamaya Kulon, Ahmad Faqih mengaku, dirinya sudah mendapati sepeda motor dari hasil bantuan DP Pemprov Jabar. Ini cukup membantu tugas pendampingan ke pelosok-pelosok desa utamanya saat verifikasi. Meskipun selebihnya angsuran ditanggung pendamping. Untuk pendamping yang angkatan 2015 memang belum ada, begitupun yang tahun 2016 karena mulai efektif kerja sejak September kemarin. "Angkatan 2015 gak ada, yang 2016 kan baru efektif kerja September kemarin," tukas dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template