Antisipasi Banjir Warga Gotong Royong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Antisipasi Banjir Warga Gotong Royong

Antisipasi Banjir Warga Gotong Royong

Written By Mang Raka on Jumat, 30 Desember 2016 | 15.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Ditengah sulitnya menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, yang dilakukan warga Kampung Parung RT 06/12, Desa Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur ini justru sebaliknya. Mereka ramai-ramat membersihkan saluran air mampet di wilayahnya. Gotong royong itu dilakukan Kamis (29/12) dan melibatkan 100 warga lingkungan kampung tersebut.  

Selain upaya antisipasi penyakit musim hujan, kegiatan itu juga dilakukan sebagai bentuk kesadaran terhadap lingkungan yang bersih di wilayah tersebut. “Kegiatan gotong royong seperti ini memang sering kita lakukan. Tidak ada jadwal tetap untuk melakukan kegiatan bersih-bersih. Jika lingkungan mulai kumuh, langsung saja kami berkumpul membawa peralatan,” ucap Bahari (44) warga setempat yang berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong.
Dijelaskannya, kegiatan gotong royong dengan membersihkan saluran parit memberikan banyak dampak positif untuk lingkungan. Seperti, memperlancar saluran keluar masuk air di parit yang selama ini menjadi sumber air bersih. “Selain memperlancar saluran air, juga untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang berlalu lalang pada malam hari. Kalau kondisi pinggiran jalan semak, masyarakat takut menjadi sarang binatang seperti ular dan lainnya,” tuturnya.
Menanggapi kegiatan warga itu, pemerhati lingkungan wilayah Telukjambe, Jejen (43) mengatakan dirinya mengapresiasi dan memberikan dukungannya kepada masyarakat dengan memberi makanan ringan. "Kebersihan memang harus selalu dijaga. Tidak hanya di dalam rumah tetapi lingkungan pun harus tetap dijaga kebersihannya," ucapnya.
Joni (48) menambahkan, dengan kebersihan lingkungan tersebut, dirinya berharap dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat secara keseluruhan yang setiap harinya beraktivitas gunakan air dan drainasse gunakan jalur lintasan tersebut. Apalagi, mobilitas aktivitas masyarakat diwilayah itu biasanya dimulai sejak subuh hari untuk berangkat kerja. “Sangat penting menjaga kebersihan lingkungan jalan. Karena, akses  dan drainase sangat aktif juga jalan ini sangat penting bagi masyarakat kami. Budaya gotong royong seperti ini sudah dilakukan sejak dulu dan akan terus berlangsung pada generasi-generasi mendatang,” harapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template