Air Rob Terjang Pesisir Tirtajaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Air Rob Terjang Pesisir Tirtajaya

Air Rob Terjang Pesisir Tirtajaya

Written By Mang Raka on Senin, 19 Desember 2016 | 12.30.00

-Ikan Banyak Kabur, Petambak Rugi Puluhan Juta

TIRTAJAYA, RAKA - Banjir rob yang melanda Dusun Sarakan Desa Tambaksari selama 7 hari cukup merugikan masyarakat dan petambak. Sekitar 20 rumah terendam dan sejumlah tambak mengalami gagal panen.
Rohman pemilik tambak mengatakan sekitar 140.000 ekor ikan bandeng dari 10 hektar luas tambak yang ia tanam hampir tak tersisa. Penyebabnya yakni air laut pasang yang menggerus tambaknya hingga menjebol tanggul tambak. Akibat kejadian tersebut Rohman mengaku mengalami kerugian hinga Rp 50 juta. "Resiko petambak itu cuma air laut pasang yang gak bisa ditahan, soalnya gak ada cara untuk melawan alam," katanya kepada Radar Karawang, Minggu (18/12) kemarin.
Ia melanjutkan, besarnya air pasang memang tidak seberapa, dalam semingu terakhir rob air laut paling lama itu hanya 2 jam. Namun 2 jam itu, ikan bandeng yang ada ditambak sudah dipastikan ikut terbawa arus laut. "Walaupun banjirnya cuma 2 jam, sudah dipastikan ikan bandeng pada kabur ke laut," tambahnya.
Dalam 6 bulan sekali, sambung Rohman, sudah bisa dipastikan air pasang terjadi akibat angin barat dan merendam sebagian pemukiman warga pada siang hari. Lain halnya dengan dengan angin timur, biasanya air rob terjadi pada malam hari. "Memang sudah bisa diperkirakan, namun kita kan tetep mesti berusaha," ujarnya.
Di tempat yang berbeda, Dayat menambahkan rob air laut beberapa hari terakhir sempat membuat masyarakat resah. Sekitar 20 rumah di lingkungannya terendam hingga30 sentimeter. Namun dengan rob tidak sampai membuat warga mengungsi. Mereka tetap bertahan dan menetap di rumahnya, karena rob tersebut dinilai tidak terlalu parah. "Kami lebih baik menetap di rumah, selagi masih bisa." pungkasnya. (mg3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template