3.700 Rutilahu Belum Tercover Bedah Rumah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 3.700 Rutilahu Belum Tercover Bedah Rumah

3.700 Rutilahu Belum Tercover Bedah Rumah

Written By Mang Raka on Rabu, 21 Desember 2016 | 20.44.00

KARAWANG, RAKA - Ribuan kepala keluarga tidak mampu harus bersabar menghuni rumah tidak layak huni (rutilahu). Dari 5 ribu rutilahu, Pemerintah Kabupaten Karawang baru mampu memperbaiki 1.300 unit rumah pada tahun 2017. Artinya masih ada 3.700 rumah yang belum tercover program bedah rumah.
"Anggaran per unit sebesar Rp 40 juta. Totalnya tinggal kalikan saja," papar Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Karawang, Elievia Khrissiana, ST, saat mengadakan reses di Kotabaru, Selasa (20/12).
Ia melanjutkan, bagi warga yang belum bisa teralokasikan untuk dibangunkan rutilahu, maka akan digarap di tahun-tahun berikutnya. Karena kebutuhan seluruhnya adalah 5 ribu unit. "Jadi akan terus diprogramkan tiap tahun. Sampai tuntas. Saat ini direncanakan per desa 4 unit rutilahu," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, sebenarnya tahun 2016 ada anggaran untuk rutilahu yang dialokasikan dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tidak terealisasi, yaitu di daerah Batujaya sekitar 300 unit. "Kami akan dorong terus agar pemda bisa merealisasikan anggaran yang sudah diplot 100 persen. Agar pembangunan di Karawang bisa cepat. Dan dapat dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.
Sementara hasil reses di beberapa titik yang sudah dilakukannya, mayoritas warga meminta agar infrastruktur jalan hingga jembatan harus dituntaskan. Meski demikian, pihaknya akan melihat mana yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat. "Hasil reses ini akan kami bawa untuk bisa dianggarkan," ujarnya.
Untuk Dinas Bina Marga, kata Elievia, tahun 2017 mengalami peningkatan anggaran yang cukup besar. Yang tadinya Rp 500 miliaran lebih, tahun 2017 dialokasikan sebesar Rp 700 miliar lebih. "Kami harap anggaran ini benar-benar pro terhadap pembangunan. Sehingga masyarakat bisa merasakan dampak positifnya," pungkasnya.
Sementara tokoh pemuda Banyusari, Rahmat Hidayat, mengharapkan anggota dewan bisa memperhatikan pembangunan bagi kecamatan yang ada di pedalaman, seperti Banyusari. Pasalnya masih banyak akses-akses jalan yang belum tersentuh oleh pembangunan. "Jika infrastruktur jalan pedesaan baik. Mobilitas masyarakat akan tinggi, secara otomatis perekonomian juga akan meningkat," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template