Worker Dikerahkan Angkat Sampah Sungai Cikumpeni - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Worker Dikerahkan Angkat Sampah Sungai Cikumpeni

Worker Dikerahkan Angkat Sampah Sungai Cikumpeni

Written By Mang Raka on Rabu, 02 November 2016 | 16.00.00

TEGALWARU, RAKA - Pekerja lapangan Dinas Pengairan melakukan kerja bakti membersihkan gorol sungai Cikumpeni di Kampung Cintalaksana, Batu Gajah, Desa Cintalaksana untuk pengairan sawah di beberapa desa, Selasa (1/11).

Sekitar 30 orang melakukan kebersihan sungai guna mempermudah jalur air bagi para petani 3 desa yang sungainya mengalami pendangkalan oleh sampah dan batu hingga menyumbat jalur air bagi persawahan warga Desa Cintalaksana, Cintawargi dan Desa Cintalanggeng. Kerjasama itu melibatkan Worker (Pekerja lapangan) Dinas Pengairan juga Gabungan Petani Pengguna Air (GPA) dari beberapa desa.
Selain itu kelompok tani pun turun tangan membantu kegiatan tersebut. Proses kebersihan yang dilaksanakan yaitu sekitar 1 Km sungai dilakukan pengerukan manual dan mengangkat batu-batu yang besar dan menghambat laju air juga menahan air tidak terbuang hingga ke limpasan sungai Cigeuntis. Masing-masing tim melakukan pengerukan hingga dari ujung Kampung Cintalaksana Batugajah hingga ke wilayah Desa Cintalaksana.
Koordinator lapangan kegiatan Bubun (44),  yang juga Worker Pengairan Dinas Pengairan wilayah tegalwaru menyatakan pelaksanaan kebersihan gorol (Pembersihan sungai ) beserta kelompok tani Cintalanggeng tengah membendung kali Batu gajah untuk keperluan air ke areal sawah di beberapa wilayah seperti Cintawargi, cintalanggeng, cintalaksana agar petani mendapatkan suplai air dari sungai Cikumpeni dengan baik. "Pekerjaan itu akan bisa berjalan lancar jika pekerjaan dilakukan secara kompak. Dan sebenarnya hal yang sama pun bisa dilakukan oleh seluruh warga jadi jangan mengandalkan worker saja padahal penting artinya menjaga kebersihan sungai bagi semuanya.
Wakil Dudung (49), pendamping warga menandaskan saat ini warga kurang serius menyikapi betapa pentingnya menjaga kebersihan terutama di sungai yang saat ini banyak bermasalah dengan kesadaran warga buang sampah hingga ke sungai dengan sembarangan. "Seharusnya ini momentum penting agar bisa sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan padahal sudah banyak contoh yang sering terjadi. Masalah sampah kadang membuat warga dijadikan hal yang kurang disikapi serius. Padahal masalah itu akan menjadi masalah kalau sudah menjadi masalah besar baru menjadi kesalahan fatal yang kita buat," tandasnya.
Ketua Kelompok Tani Cintalanggeng Jamali (58), menerangkan hal yang sama. Kesadaran warga kini kurang serius sikapi sampah. Dirinya menerangkan bahwa jangan bencana terjadi ketika warga nya lengah dan kurang menyadari. "Entah apa yang ada di benak warga yang masih saja buang sampah di sungai. Padahal di musim hujan kehadiran sampah sangat berbahaya bagi laju air. Saya harap warga mulai tergerak hati nya agar mau ikut serta jaga kebersihan sungai untuk masa depan," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template