Warga Tegalwaru Buang Sampah di Sungai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Tegalwaru Buang Sampah di Sungai

Warga Tegalwaru Buang Sampah di Sungai

Written By Mang Raka on Kamis, 03 November 2016 | 13.00.00

TEGALWARU, RAKA - Penataan wilayah Kecamatan Tegalwaru perihal sampah harus segera mendapatkan perhatian pemerintah karena melonjaknya jumlah warga. Apalagi tata ruang kelola penyediaan tempat pembuangan akhir sampah sampai saat ini belum juga memadai.
Pemerhati lingkungan Kurdi (27) salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Singaperbangsa menyatakan sampah akan menjadi permasalahan pelik jika terus dibiarkan tanpa solusi kongkret. Di Kecamatan Tegalwaru saja, jumlah warganya sudah bertambah sangat banyak. Sayangnya karena ketiadaan TPS, warga memilih buang sampah di sungai. Bila ini dibiarkan, diyakini bakal membawa musibah. "Jika diremehkan dan tidak ada aturan yang memaksa dan mengikat warga, saya yakin bakal banyak musibah," kata dia.
Senada dikatakan Dirman (37) yang menyebutkan bahwa persoalan sampah memang cukup kompleks karena tidak ada satu desa yang mau wilayahnya dijadikan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA). Satu-satunya cara ialah warga menyediakan tempat sendiri agar tidak lagi membuang sampah ke sungai. "Saya yakin jika masing-masing rumah membuat tempat membuang sampah akhir maka sungai aman dan persoalan lain bisa diminimalisir dengan baik. Kini tinggal pemerintah membuat pernyataan sikap yang serius agar masalah sampah dan bencana tidak ada dan terjadi di wilayah Karawang selatan," kata dia.
Sementara di tempat berbeda, Uzi(39) Warga Kampung Bakan Harendong Desa Cintaasih pun mengatakan jika sungai yang dimiliki oleh Karawang selatan secara keseluruhan sudah berbeda dengan beberapa tahun ke belakang. Hampir di setiap sudut wilayah Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan sampah menghiasi sungai. "Kini mumpung jumlah warga belum banyak dan kepadatan penduduk belum banyak, maka saya berharap mulai sekarang serius mengeluarkan peraturan agar tidak lagi ada warga yang iseng buang sampah di sungai, supaya petani juga tidak lagi mengeluh masalah sampah," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template