Warga Mekargalih Kembali Hadang Truk Batu Bara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Mekargalih Kembali Hadang Truk Batu Bara

Warga Mekargalih Kembali Hadang Truk Batu Bara

Written By Mang Raka on Senin, 21 November 2016 | 17.23.00

PURWAKARTA, RAKA - Sejumlah warga Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, terpaksa kembali turun ke Jalan Raya Jatiluhur, Minggu (20/11). Mereka melakukan aksi blokir jalan dan menghadang truk tronton pengangkut batu bara yang akan disuplai ke PT Indorama Synthetics.
Batu bara yang bersumber dari PT Catur Putera Manunggal dan PT Duta Madu Jakarta ini terpaksa dihentikan warga sekitar, karena dianggap telah mencemari lingkungan. Truk pengangkut batu bara dinilai kerap menimbulkan ceceran abu batu bara saat melintas di Jalan Raya Jatiluhur, tepatnya di Desa tersebut. "Kita terpaksa stop lagi. Perusahaan ini terus saja melakukan hal ini, padahal jalan keluar tol menuju jalan ini ada tanda dilarang masuk. Tapi sopirnya membandel dan mengatakan tidak tahu," kata Ujang, warga Desa Mekargalih.
Sebelumnya, kata dia, aksi serupa dilakukan sebagai bentuk protes warga terhadap kendaraan-kendaraan pembawa batu bara tersebut. Namun, sampai kemarin tidak ada respon dari perusahaan. Aksi pemblokiran kembali dilakukan, kata dia, lantaran bosan dengan kelakuan perusahaan truk pengangkut batu bara ini. "Kami minta pihak PT Indorama membersihkan terlebih dahulu, tetapi kami minta pihak pengurus tracking angkutan ini datang ke warga dan menyelesaikan masalah ini. Selain kesehatan efeknya juga mengakibatkan jalan rusak,"tegasnya.
Akibat aksi ini, sejumlah truk yang bermuatan batu bara terpaksa memarkir kendaraan di pinggir jalan dan sementara dievakuasi ke Terminal Ciganea. Kepala Desa Mekargalih Buchori Muslim dan Polsek Jatiluhur, kemudian mengarakan warga yang tengah melakukan aksi tersebut. Rencananya, aparat desa dan warga setempat akan melakukan musyawarah dengan pihak perusahaan untuk menyampaikan aspirasinya. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template