Warga Disarankan Gunakan Gas Non Subsidi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Disarankan Gunakan Gas Non Subsidi

Warga Disarankan Gunakan Gas Non Subsidi

Written By Mang Raka on Selasa, 08 November 2016 | 15.00.00

*Pemkab Buat Edaran Antisipasi Gas langka

KARAWANG,RAKA - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menerbitkan surat edaran nomor 510/6110/Indagtamben/2016 tentang himbauan penggunaan gas Liquified Fetroleum Gas (LPG) 5,5 kg dan 12 kg (non subsidi). Himbauan itu dikemukakan bupati untuk mengatasi kelangkaan gas bersubsidi ukuran 3 kilogram (kg) di kabupaten ini.

Surat edaran tertanggal 7 November 2016 itu dibuat setelah mengacu pada Peraturan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral No.26 tahun 2009 tentang pendistribusian LPG pasal 20 ayat (2) menyebutkan LPG  bersubsidi 3 kg diperuntukkan hanya untuk pengguna rumah tangga dan usaha mikro atau masyarakat yang berpenghasilan tidak lebih dari Rp 1,5 juta per bulan. Oleh karena itu bupati mengimbau agar PNS tidak memakai gas yang mendapat subsidi pemerintah ini.
"Kita harapkan dengan adanya edaran bupati dan sosialisasi penggunaan gas 5,5 kilogram ini masalah kelangkaan gas bisa teratasi. Dua hal ini saya rasa menjadi solusi yang tepat agar tidak ada lagi kelangkaan gas karena sudah menimbulkan keresahan masyarakat," kata Kepala Bagian Ekonomi Setda Karawang, Heri Heryadi kepada wartawan, Senin (7/11) kemarin.
Untuk mengantisipasi kelanggan gas, kata Heri,  membutuhkan solusi yang tepat dan komprehensif agar tidak terulang kembali. Sebab, sesuai dengan  hasil penelusuran bagian ekonomi Setda Karawang penyebab kelangkaan gas akibat peruntukannya tidak tepat sasaran. Gas 3 kilogram merupakan subsidi pemerintah yang diperuntukan untuk warga tidak mampu. Namun yang terjadi dilapangan gas  melon ini banyak digunakan warga yang tergolong mampu dan juga digunakan oleh UMKM (usaha mikro kecil menengan). Akibatnya kuota 1,8 juta gas melon per bulan untuk warga tidak mampu di Karawang tidak akan tercukupi. "Padahal setiap hari kita melakukan penambahan, tapi masih juga kurang dan masyarakat terus mengeluh gas langka," terangnya.
Dikatakannya, saat ini jumlah  PNS di Karawang tercatat sebanyak 13.000 lebih dan seharusnya tidak boleh menggunakan gas melon untuk memasak. Namun diketahui jika kebanyakan PNS di Karawang masih menggunakan gas melon.  Jika PNS patuh dan melaksanakan himbauan bupati melalui surat edaran bupati ini akan cukup membantu upaya pemerintah mengatasi kelangkaan gas. Apalagi jika PNS juga membantu pemerintah untuk mensosialisasikan gas melon hanya diperuntukan untuk warga tidak mampu. "PNS itu kan juga orang pemerintahan juga jadi bisa membantu pemerintah," ungkapnya.
Sektor UMKM, lanjut Heri,  juga memberikan kontribusi terjadninya kelangkaan gas di Karawang. Dia mencontohkan ketika pihaknya melakukan penelusurannya di kawasan pedagang kaki lima di seputar Galuh. Sepanjang jalan di kawasan kaki lima Galuh ini terdapat 300 pedagang yang setiap harinya menggunakan 2 tabung gas melon. "Ini baru satu titik saja sudah terdata kebutuhan gas setiap hari 600 tabung gas ukuran 3 kilo. Padahal di Karawang ini lebih dari 1000 titik tempat berdagang kaki lima," katanya.
Pemkab, kata  Heri, kini  tengah  mensosialisasikan penggunaan tabung gas pink seberat 5,5 kilogram ke masyarakat. Sebagai percontohan akan didirikan pangkalan gas pink ini di dua kecamatan yaitu Kecamatan Kota baru dan Tirta Mulya yang terdiri dari 20 desa. Disetiap desa nantinya Bumdes setempat akan menjadi pengelola pangkalan gas pink. Untuk masalah permodalan Pemkab bekerja sama dengan bank Mandiri untuk memberikan pinjaman ke setiap bumdes sebesar Rp50 juta tanpa agunan. "Jadi selain untuk mengatasi masalah kelangkaan gas kita juga memberdayakan Bumdes untuk pemberdayaan ekonomi desa. Kalau proyek percontohan ini berjalan dengan baik baru kita akan laksanakan hingga keseluruh desa yang ada di Karawang," pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template