Waduh, Tanggul Sukasari Jebol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waduh, Tanggul Sukasari Jebol

Waduh, Tanggul Sukasari Jebol

Written By Mang Raka on Senin, 07 November 2016 | 13.00.00

*Sawah Tiga Desa Mengalami Kekeringan

PURWASARI, RAKA - Pemerintah Desa Sukasari mengerahkan warganya kerja bakti membendung tanggul saluran sekunder yang jebol di wilayahnya. Selama ini saluran itu mengairi seluruh lahan pertanian di tiga desa. Sehingga dengan peristiwa itu otomatis sawah di wilayah itu mengalami kekeringan.

"Saat ini sawah di tiga desa di wilayah kami mengalami kekeringan," tutur Kades Sukasari, Aan Daroji, disela-sela kerja bakti, di Kampung Dukuh, Blok 4 dan 3, akhir pekan (5/11) kemarin. Tiga desa tersebut terang Aan masing-masing Desa Sukasari, Tegalsari dan Karangsari.
Aan melanjutkan, dalam kegiatan kerja bakti yang dilakukannya, melibatkan seluruh elemen dan lembaga yang ada di Desa Sukasari. Hal tersebut, menjadikan antusias kerja bakti cukup tinggi dalam menutupi tanggul saluran sekunder yang jebol belum lama ini. "Semua lembaga desa seperti LPM, BPD, Karang Taruna, Masyarakat, Bhabinsa desa, hingga satpol PP Kecamatan ikut dalam kerja bakti yang memang saya intrupsikan sebelumnya kesemuanya," paparnya.
Karena kalau tidak dilakukan kerja bakti menutupi tanggul jebol, maka sawah sawah yang berada di wilayahnya mengalami kekeringan. "Untuk menutupi tanggul yang jebol, saya beli 2 truk tanah biar dapat menutupi tanggul yang jebol, biar nanti sawah di tiga desa tersebut, bisa mendapatkan air kembali," ujarnya.
Tanggul saluran air yang mengalami jebol tersebut, lanjut dia, sudah dilakukan pengajuan terhadap Pemerintah Daerah, agar nantinya dapat dilakukan perbaikan di anggaran 2017. Hal tersebut, diharapkan perbaikan tersebut dapat direalisasikan agar sektor pertanian di wilayahnya dapat kembali teraliri air dari irigasi yang ada diwilayahnya. "Untuk pengajuan sudah kami lakukan ke Pemerintah Daerah, bahkan ini dilakukan oleh tiga desa, karena saat ini tiga desa yang mengalami kekeringan sawahnya," ucapnya.
Daun (45) Warga Babakan cengkong, mengatakan, kegiatan kerja bakti merupakan upaya pihak Desa Sukasari dalam mengatasi kekeringan sektor pertanian yang berada diwilayahnya. Hal tersebut, dilakukan dengan menutup tanggul yang jebol untuk bergotong-royong menutupinya dengan puluhan karung yang sudah terisi tanah. "Kepala desa Sukasari mengintrupsikan kami semua untuk bersama sama memperbaiki saluran yang jebol,biar sawah yang ada disini bisa mendapatkan air lagi," katanya.
Kalau tidak disegerakan penutupan tanggul jebol, akan dapat menjadikan lahan pertanian mengalami kekeringan di tiga desa. Sehingga, diharapkan Pemerintah Daerah untuk secepatnya perbaiki tanggul yang menjadi pusat kehidupan para petani dalam mengairi sawah. "Sudah ada beberapa sawah di tiga desa mengalami kekeringan, jadi kalau tidak disegerakan maka para petani di tiga desa tidak bisa lagi menggarap sawahnya untuk ditanami padi," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template